MPU Aceh Gelar Kegiatan Eksistensi Ulama Dalam Pembangunan Daerah

, MINA – Majelis Permusyaratan Ulama (MPU) Aceh mengadakan kegiatan Eksistensi Peran Ulama dalam Pembangunan Daerah, di Aula Setdakab Bener Meriah, Senin (30/7).

Kegiatan melibatkan 85 orang peserta, terdiri dari unsur ulama, tokoh masyarakat, adat, agama yang mengambil tema “Membangun Karakter Pemimpin Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman”.

Kepala Sekretariat Syukri Bin Muhammad Yusuf sebagai ketua pelaksana dalam laporannya menjelaskan, pembangunan mental spiritual manusia merupakan tahapan penting dalam menggapai kebahagiaan hidup.

“Manusia tidak akan dapat merasakan kebahagiaan dalam kehidupan tanpa adanya mental spiritual yang bagus, yang dapat menata suasana jiwa yang nyaman dan mendamaikan,” ujarnya.

Syukri menjelaskan, pertemuan itu selain untuk silaturahmi, juga bagian dari konsolidasi dan konsultasi secara bersama di antara ulama dengan melihat tantangan zaman ke depan, serta mengoptimalkan peran ulama di daerah dan menjawab segala permasalahannya baik di tingkat provinsi atau kabupaten/kota.

Ia juga mengingatkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan peran ulama dalam melindungi akidah umat, dikarenakan adanya beberapa hal yang sangat mengakhawatirkan yang terjadi di Aceh belakangan ini, seperti adanya upaya pemurtadan, penangkalan akidah dan penyebaran aliran sesat.

“Oleh karenanya kita harus bekerja keras dan bekerja sama dengan  melibatkan komponen masyarakat untuk mengawasi, membentengi dan membimbing umat Islam di Aceh. Hal ini dapat dimulai dari pembangunan akidah keluarga, generasi muda dan masyarakat kita yang ada di Provinsi Aceh,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Bener Meriah, Abuya Syarkawi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan itu menyampaikan, Pemkab. Bener Meriah sangat terbuka dalam mendukung eksistensi ulama dalam pembangunan daerah.

“Kita membuka ruang untuk terlibat dalam pembangunan daerah dengan peran para ulama untuk melakukan kegiatan konkrit bagi kesejahteraan masyarakat. Juga dalam mengawasi roda pemerintahan yang baik, bersih dan berpihak kepada rakyat, khususnya di Bener Meriah,” ujarnya. (L/B04/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.