MTQ Nasional ke-27 Resmi Dibuka

Medan, MINA – resmi membuka acara Musabaqah Tilwatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-27 Tahun 2018 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara di Arena Utama MTQ Astaka yang berada di kawasan Sport Center Pancing Kota Medan, Ahad (07/10) malam.

Pemukulan beduk oleh Presiden menandai acara tersebut, turut mendampingi juga Menko PMK Puan Maharani, Menag Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Presiden berharap agar MTQ Tingkat nasional ini menjadi salah satu sumber kesejukan, mata air melimpahnya ukhuwah islamiya, ukhuwah wathoniyah dan basyariah.

“Marilah kita juga merenungkan dan memahami maknanya dan bagaimana setelah itu menjalankan Alquran untuk memperkokoh akhlaqul karimah membangun kehidupan beradab dan menerapkan ide-ide besar dan mulia dalam Alquran untuk maslahat umat dan bangsa Indonesia,” kata Presiden dalam sambutannya.

Presiden juga mengajak untuk menjadikan ibadah membaca Alquran sebagai kegiatan sehari-hari dan mengamalkanya agar kehidupan menjadi tentram.

“Hati kita seharusnya merasa damai setiap kita membaca Alquran, terasa tentram setiap mendengar alunan ayat suci Alquran. Merasa damai dan tentram itu harus kita rawat, harus kita tularkan dalam kehidupan sehari – hari,” ajak Presiden.

Tidak lupa, Presiden juga mengajak umat islam untuk menjaga persatuan dan kerukunan sebagai sebuah kekuatan utama.

“Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita harus menjaga kerukunan, persaudaraan, persatuan, karena, ujarnya, kerukunan, persaudaraan dan persatuan adalah kekuatan utama bangsa kita untuk bergerak maju dan menjadi sumber energi kita untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur,” ujar Presiden mengakhiri sambutannya.

MTQ yang kembali hadir di bumi Sumatera Utara (Sumut) setelah menanti 47 tahun. Sumut menjadi tuan rumah MTQ ke-4 Tahun 1971 lalu. Hadir masyarakat Kota Medan dan sekitarnya memenuhi kawasan Sport Center Pancing Medan yang menjadi Astaka MTQ sekaligus episentrum gelaran MTQ yang dibuka meriah dan gemerlap. (R/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.