MUDIK AJANG SILATURRAHIM

silaturahimOleh : Shobariyah jamilah/ Wartawati Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)

Ramadhan sudah di penghujung bulan dan Idul Fitri akan datang. Sudah menjadi budaya dan rutinitas tahunan umat islam di Indonesia dengan menyambut hari raya Idul Fitri dengan mempersiapkan dengan membuat kue lebaran, ada yang sudah mempersiapkan untuk membeli perlengkapan lebaran serba baru, dan ada yang mempersiapkan untuk pulang ke kampung halamannya atau biasa disebut dengan โ€œโ€.

Banyak umat Islam di tanah air yang biasa merayakannya dengan pulang kampung, bertemu keluarga, orang tua dan saudara dengan perasaan senang bercampur haru. Sungguh sebuah kegembiraan yang tak tergantikan dengan apapun.

Ada yang rela menghabiskan uang untuk membeli tiket yang harganya naik berlipat-lipat. Ada yang menghabiskan waktu perjalanan di bis, kereta, kapal semalaman bahkan kadang ada yang berhari-hari untuk sampai di tempat tujuan.

Hari raya idul Fitri tidak hanya sebagai kesempatan untuk berlibur hari raya saja namun hal yang terpenting merupakan momen yang paling pas setiap setahun sekali sebagai ajang untuk bersilaturrahim dan berkumpul bersama keluarga dan saudara-saudara setelah lama bekerja atau kuliah meninggalkan kampung halaman.

Maka, itulah sebabnya, bersilaturrahim dengan keluarga, atau disebut mudik dirasakan menjadi sangat penting. Sekalipun kadang sedemikian mahal dan berat, maka tetap saja dijalani. Silaturrahmi tidak harus mengunjungi saja namun pada zaman saat ini juga bisa diganti dengan alat modern, seperti berkirim kartu lebaran, atau berkomunikasi melalui facebook, scrib, tilpun, e mail, atau lainnya. Bagi keluarga dekat akan lebih sempurna jika mereka saling datang dan bertemu.

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk saudaranya dan bersilaturrahim atau menjalin hubungan persaudaraan, Rosulullah Shalallhu โ€˜alaihi wa sallam menganjurkan kaum muslimin untuk mengenali kerabat, dan keluarga dekat, sehingga dimungkinkan untuk menyambung tali silaturrahim, mendekati, mengasihi, serta berbuat baik kepada merekka dan hal ini tidak hanya pada saat menjelang idul fitri saja namun juga pada hari-hari lain.

1. Pengertian Silaturrahim

Kata-kata “silaturrahim” atau “silaturrahmi” itu berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata; silat dan ar-rahim atau ar-rahmi ( ุตู„ุฉ ุงู„ุฑุญู…) Silat atau silah artinya sambungan atau menyambung atau menjalin atau menghubungkan. Sedang ar-rahim atau ar-rahmi dari satu akar kata yang sama yaitu rahima โ€“ yarhamu yang asal katanya kasih sayang atau mengasihi.
Maka silaturrahim atau silaturrahmi adalah menyambung tali kasih sayang(kekerabatan).

Makna “ar-rahim” adalah para kerabat dekat. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Ar-rahim” secara umum adalah dimaksudkan untuk para kerabat dekat. Antara mereka terdapat garis nasab (keturunan), baik berhak mewarisi atau tidak, dan sebagai mahram atau tidak.”

Menurut pendapat lain, mereka adalah maharim (para kerabat dekat yang haram dinikahi) saja. Pendapat pertama lebih kuat, sebab menurut batasan yang kedua, anak-anak paman dan anak-anak bibi bukan kerabat dekat karena tidak termasuk yang haram dinikahi, padahal tidak demikian.”

Silaturrahim, sebagaimana dikatakan oleh Al-Mulla Ali Al-Qari adalah kinayah (ungkapan/sindiran) tentang berbuat baik kepada para karib kerabat dekat โ€“baik menurut garis keturunan maupun perkawinanโ€“ berlemah lembut dan mengasihi mereka serta menjaga keadaan mereka.

2. Manfaat Silaturrahim

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: “ู…ูŽู†ู’ ุณูŽุฑูŽู‘ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุจู’ุณูŽุทูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฑูุฒู’ู‚ูู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูŠูู†ู’ุณูŽุฃูŽ ู„ูŽู‡ู ูููŠ ุฃูŽุซูŽุฑูู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽุตูู„ู’ ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู”.

Artinya: โ€œDiriwayatkan dari Anas bin Malik ra, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang suka dilapangkan rezekinya atau ditambahkan umurnya maka hendaklah ia menyambung kekerabatannya”.โ€ (HR. al-Bukhari dan Muslim)

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: “ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู’ู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู’ู„ุขุฎูุฑู ููŽู„ู’ูŠููƒู’ุฑูู…ู’ ุถูŽูŠู’ููŽู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู’ู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู’ู„ุขุฎูุฑู ููŽู„ู’ูŠูŽุตูู„ู’ ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ุจูุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุงู’ู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู’ู„ุขุฎูุฑู ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู„ููŠูŽุตู’ู…ูุชู’”.

Artinya: โ€œDiriwayatkan dari Abu Hurairah ra, diriwayatkan dari Nabi saw, beliau bersabda: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menghormati tamunya. Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menyambung kekerabatannya. Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbicara yang baik atau hendaklah ia diam”. (HR. al-Bukhari).

Islam memerintahkan untuk menyambung tali silaturrahim, dan menjadikannya sebagai sarana untuk menambah rezeki, makna kelapangan rezeki dalam hadits ini adalah rezeki yang berkah. Menyambung tali silaturrahim dengan kerabat adalah sedekah, sedangkan sedekah itu bisa melipatgandakan dan menambah jumlah harta dalam kelipatan yang luar biasa.

Demikian besarnya pengaruh silaturrahim dalam berkembangnya harta benda dan menjauhkan kemiskinan, sampai-sampai ahli maksiat pun, disebabkan oleh silaturrahim, harta mereka bisa berkembang, semakin banyak jumlahnya dan mereka jauh dari kefakiran, karena karunia Allah.

Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abu Bakrah dari Nabi bahwasanya beliau bersabda: “Sesungguhnya keta’atan yang paling disegerakan pahalanya adalah silaturrahim. Bahkan hingga suatu keluarga yang ahli maskiat pun, harta mereka bisa berkembang dan jumlah mereka bertambah banyak jika mereka saling bersilaturrahim. Dan tidaklah ada suatu keluarga yang saling bersilaturrahim kemudian mereka membutuhkan (kekurangan).

3. Sarana untuk Silaturrahim

Sebagian orang menyempitkan makna silaturrahim hanya dalam masalah harta. Pembatasan ini tidaklah benar. Sebab yang dimaksud silaturrahim lebih luas dari itu. Silaturrahim adalah usaha untuk memberikan kebaikan kepada kerabat dekat serta (upaya) untuk menolak keburukan dari mereka, baik dengan harta atau dengan lainnya.

Imam Ibnu Abu Jamrah berkata: “Silaturrahim itu bisa dengan harta, dengan memberikan kebutuhan mereka, dengan menolak keburukan dari mereka, dengan wajah yang berseri-seri serta dengan do’a.”

Makna silaturrahim yang lengkap adalah memberikan apa saja yang mungkin diberikan dari segala bentuk kebaikan, serta menolak apa saja yang mungkin bisa ditolak dari keburukan sesuai dengan kemampuannya (kepada kerabat dekat).

4. Balasan bagi orang yang memutuskan silaturahim

Hukum memutuskan hubungan silaturahmi adalah HARAM dan termasuk DOSA BESAR. Karena pelakunya terancam dengan hukuman yang Allah segerakan di dunia, disamping ia juga terancam masuk ke dalam api Neraka di akhirat kelak.

Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:

ุนูŽู†ู’ ุฌูุจูŽูŠู’ุฑู ุจู’ู†ู ู…ูุทู’ุนูู…ู ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ( ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ุงูŽู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงุทูุนูŒ ) ูŠูŽุนู’ู†ููŠ ู‚ูŽุงุทูุนูŽ ุฑูŽุญูู…ู

Dari Jubair bin Muth’im Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan masuk surga seorang pemutus, yaitu pemutus tali silaturahmi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dan diriwayatkan dari Abu Bakroh radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจู ุฃูŽุฌู’ุฏูŽุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนูŽุฌู‘ูู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ู„ูุตูŽุงุญูุจูู‡ู ุงู„ู’ุนูู‚ููˆุจูŽุฉูŽ ููู‰ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง – ู…ูŽุนูŽ ู…ูŽุง ูŠูŽุฏู‘ูŽุฎูุฑู ู„ูŽู‡ู ููู‰ ุงู„ุขุฎูุฑูŽุฉู – ู…ูุซู’ู„ู ุงู„ู’ุจูŽุบู’ู‰ู ูˆูŽู‚ูŽุทููŠุนูŽุฉู ุงู„ุฑู‘ูŽุญูู…ู

Artinya: “Tidak ada suatu dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya di dunia ini -disamping dosa yang disimpan untuknya di akhirat- daripada perbuatan Zholim (melampaui batas) dan memutuskan tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat, pent-).” (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah). (T/P010/R2)

Sumber :

Dr.Fadhl Ilahi, Kunci-Kunci Rizki Menurut Al-Qur’an & As-Sunnah
Adnan Tharsyah, Kiat Menjadi Wanita Seutuhnya

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Admin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0