Mufti Australia Umumkan Puasa Ramadhan Dimulai Selasa

Logo Dewan Imam Nasional Australia (Dok: ANIC.COM)

Canberra, MINA – Mufti Agung Australia, Dr Ibrahim Abu Mohamad dalam sebuah pernyataan mengumumkan, hari pertama puasa Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa (12/3).

“Bulan Suci Ramadhan tahun ini 1445H-2024 akan dimulai pada hari Selasa, 12 Maret 2024,” kata Dr Ibrahim dalam pernyataan resminya, Kamis (7/3).

Oleh karena itu, Shalat Tarawih akan dimulai pada Senin (11/4) malam setelah Shalat Isya.

Menurut pernyataan itu, metode yang digunakan oleh Mufti Agung Australia dan Dewan Fatwa Australia dalam menentukan awal bulan Ramadhan adalah berdasarkan perhitungan lahirnya bulan sebelum matahari terbenam, lamanya bulan terbenam setelah matahari terbenam dan kemungkinan terlihatnya bulan.

Dewan Imam Nasional Australia dan Dewan Fatwa Australia memahami kemungkinan perbedaan pendapat dan meminta seluruh umat Islam untuk menghormati perbedaan pendapat mengenai masalah ini serta berupaya mewujudkan kesatuan komunitas Muslim dalam menjaga kepentingan bersama.

Mufti Agung Australia juga menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk tetap berpuasa sambil berdoa kepada Allah agar meringankan penderitaan dan kesulitan yang dihadapi seluruh umat manusia serta umat Islam, khususnya Gaza, Palestina.

“Semoga Allah memberkati Bulan Suci ini untuk Anda, keluarga Anda, komunitas Muslim Australia dan seluruh dunia Muslim dan semoga ibadah dan puasa Anda diterima tahun ini,” pungkasnya. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.