MUI : LSF HARUS JAGA FUNGSI EDUKASI FILM NASIONAL

Jakarta, 16 Jumadil Akhir 1436/5 April 2015 (MINA) – Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama (), KH Natsir Zubaidi mengatakan, peran Lembaga Sensor Perfilman ()  Indonesia adalah menjaga agar film yang ditonton masyarakat (di bioskop, di televisi dll), harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

“Jangan sampai perfilman Indonesia tidak sesuai dengan UUD dan Pancasila, sehingga  harus memberikan keseimbangan, seperti fungsi  edukasi bagi masyarakat terutama generasi muda. Jangan sampai film  mengutamakan tontonan semata,” kata Natsir kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), di kantor MUI Pusat, Jakarta, Ahad.

LSF beranggotakan berbagai unsur masyarakat termasuk wakil dari Majlis Ulama Indonesia.

Adapun fungsi dan tugas LSF dititikberatkan pada upaya menghindarkan masyarakat dari pengaruh buruk film, dan memperjelas eksistensi dan fungsi film dalam turut memantapkan program nation and character building, kata Natsir selanjutnya.

Baca Juga:  Al-Fatah Rescue Beri Pembekalan Bantuan Hidup Dasar di SDI As-Shafa Depok

Dalam konteks itu, ia mengatakan, “Kita memang termasuk bangsa yang memprihatinkan karena sedikit sekali menghasilkan film-film yang mengangkat tema kearifan lokal, kebudayaan bangsa yang kaya dan beragam”, ujar Natsir.

Ia juga menghubungkan masalah ini dengan UU Perfilman. Tanda-tanda akan maraknya televisi swasta sejak awal dasawarsa 1990-an sudah ada , agar jangan hanya ada TVRI yang punya pemerintah, sehingga jumlah tv swasta semakin tak terbendung lagi.

Untuk mengantipasi segala kemungkinan, dirasakan saat itu perlunya Undang-undang tentang Perfilman, sehingga akhirnya pada 30 Maret 1992 ditetapkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1992 tentang Perfilman.

Diatur, bahwa tugas penyensoran yang dilakukan Lembaga Sensor Film tidak hanya sekadar memotong atau menghapus apa-apa yang tidak patut ditonton oleh masyarakat, khususnya remaja dan anak-anak, tetapi sekaligus membimbing dan mengajak masyarakat untuk dapat mengembangkan sendiri sikap kritis dalam menapis atau lebih tepat lagi dalam melakukan self censorship. (L/P002/P2)

Baca Juga:  BBM di Radio Silaturahim: Intifada Intelektual di Kampus-Kampus AS

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0