Muslim Singapura Salurkan 100 Kambing Kurban di Lampung

Panitia Qurban Al-Fatah Lampung (Photo: Ismi/MINA)

Bandar Lampung, MINA – Warga Singapura salurkan 100 ekor kambing qurban kepada masyarakat di provinsi Lampung.

Demikian dikatakan penanggung jawab penyaluran hewan qurban dari warga Singapura, Zainal Arifin saat ditemui Miraj News Agency (MINA) di Komplek Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Ahad, (3/9).

“Mereka sanggup menyalurkan hewan qurban sebanyak 100 ekor untuk Pondok Pesantren Al-Fatah dan sekitarnya,” ujarnya.

Namun menurutnya, pihak Singapura sudah menentukan jenis dan harga hewan yang harus dibeli.

Lebih lanjut ia mengatakan, hewan-hewan terebut didistribusikan di beberapa daerah yang ada di beberapa kabupaten se-Lampung.

“Untuk hewan qurban sebanyak 100 itu pendistribusiannya dibagi rata khusus untuk Komplek Ponpes Al-Fatah Natar dan warga sekitar juga beberapa tempat di beberapa kabupaten se-Lampung. Sehingga hewan 100 ribu itu habis terbagi,” katanya.

Sementara, Zaini yang diamanahkan sejumlah 100 pemberi kurban asal singapura kepada Miraj News Agency (MINA) beberapa waktu lalu mengatakan program ini merupakan upaya muslim Singapura untuk bisa beribadah kurban di luar negaranya.

Menurutnya, muslim SIngapura mengalami kesulitan jika harus berkurban di negaranya sendiri.

“Selain harga yang relatif lebih mahal, pemerintah Singapura juga menerapkan peraturan yang ketat bagi Muslim yang ingin berkurban, baik dari hewan yang harus tersertifikasi, juga dilarang menyembelih hewan kurban di tempat umum,” katanya.

Menurut Zaini, program ini baru pertama diadakan di Lampung. Tahun-tahun sebelumnya sudah diadakan di Nusa Tenggara Timur, Jawa Barat, dan beberapa daerah lain.(L/ism/B01/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA).