Sertijab Mendikbud dari Muhadjir pada Nadiem Makarim

Jakarta, MINA – resmi resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ()Kabinet Indonesia MajuI periode 2019-2024.

Serah-terima jabatan () Mendikbud dari kepada Nadiem Makarim dilakukan siang ini di Kantor Kemendikbud, Gedung A, Lantai 3, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Muhadjir selanjutnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan {PMK}. Sebelumnya ia juga pernah menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

“Saya ucapkan selamat datang pak Nadiem, untuk terus melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh kebijakan sebelum saya, begitu juga kebijakan saya, silahkan dievaluasi yang kira-kira bisa dilanjutkan, dilanjutkan, tapi bila ada yang tidak relevan lagi silahkan di ganti dengan kebijakan baru,” kata Muhadjir Effendy saat memberi sambutan.

Mendikbud Nadiem yang berlatar belakang bisnis ini, terakhir sebagai CEO Go-Jek,  menyatakansiap menjalankan tugasnya berkiprah di dunia pendidikan.

“Ini merupakan kehormatan yang luar biasa untuk saya diberi amanah oleh presiden, tapi yang terpenting adalah mengapa saya menerima jabatan yang sangat berat ini? Karena menurut saya cara paling efektif untuk mentransformasi suatu negara itu melalui pendidikan,” ujar Nadiem.

Sebelumnya Ditjen. Pendidiikan Tinggi berada dalam lingkungan Depdikbud. Kemudian dalam kabinet Presiden Jokowi periode pertama 2014-2019 Pendidikan Tinggi digabung dengan Ristek. Namun dalam Kabinet Presiden Jokowi kedua periode 2019-2024 pendidikan tinggi digabungkan kembali dengan Kemendikbud. (L/R10/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)