Netanyahu Akui Perbedaan Pendapat dengan Biden Mengenai Gaza

Presiden AS Joe Biden (Kiri) dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu (kanan) bertemu di Tel Aviv, Israel pada 18 Oktober 2023. (Photo: GPO/ Handout/Anadolu via Getty Images)

Tel Aviv, MINA – Perdana Menteri pendudukan Israel, mengakui “ketidaksepakatan” antara pendudukan Israel dan pemerintahan Presiden AS mengenai apa yang terjadi jika diusir dari . Demikian dikutip dari Memo, Rabu (13/12).

Netanyahu menegaskan kembali bahwa Tel Aviv, di bawah kepemimpinannya, tidak akan “mengulangi kesalahan Oslo”, dan akan berupaya mencegah pihak Palestina ‘mengambil alih’ pemerintahan Jalur Gaza, dengan mengklaim bahwa Jalur Gaza tidak akan berubah menjadi “Hamastan atau Fatahistan” setelah pengorbanan besar yang dilakukan oleh warga negara dan tentara pendudukan Israel.

Netanyahu juga menekankan bahwa pendudukan tidak akan mengizinkan “mereka yang mengajarkan ‘terorisme’, mendukung ‘terorisme’, dan mendanai ‘terorisme’ dibawa ke Gaza,” mengacu pada Otoritas Palestina (PA) yang dikelola Fatah.

“Ya, ada perbedaan pendapat dengan Washington tentang ‘sehari setelah Hamas,’ dan saya berharap kita akan mencapai pemahaman mengenai masalah ini,” kata Netanyahu.

Hal ini terungkap dalam video yang dikeluarkan oleh kantor Netanyahu, di mana ia menghargai dukungan AS terhadap pendudukan Israel untuk “menghancurkan Hamas dan mengembalikan sandera Israel” yang ditahan di Jalur Gaza.

“Setelah pembicaraan intensif dengan Presiden Biden dan para pejabat (pendudukan), kami memperoleh dukungan penuh untuk invasi darat dan mengurangi tekanan internasional untuk mengakhiri perang,” tambahnya.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan dijadwalkan mengunjungi pendudukan Israel besok untuk membahas “jadwal untuk mengakhiri perang” di Gaza.

“Kami tidak mengetahui kemungkinan terjadinya di Gaza saat ini, namun kami berupaya sekuat tenaga untuk mencapainya,” kata Sullivan, menurut Reuters.

Dia juga menegaskan bahwa dia akan berdiskusi dengan Netanyahu tentang peran tentara pendudukan Israel di Gaza “sehari setelah” perang tersebut. (T/B03/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.