Terhindar dari Israel, Dua Skenario Indonesia Lolos ke Olimpiade 2024 di Paris

Dipastikan terhindar dengan Israel, dua skenario Indonesia jika lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. (Foto: FIFA)

Jakarta, MINA – Timnas Indonesia gagal melaju ke Final Piala Asia U-23 di Qatar usai dijungkalkan Uzbekistan dengan skor 0-2 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4/2024) malam.

Piala Asia U-23 2024 merupakan bagian dari kualifikasi menuju Olimpiade 2024. Tiga wakil Asia (AFC) di Olimpiade 2024 ditentukan berdasarkan hasil di Piala Asia U-23 2024.

Dengan kekalahan atas Uzbekistan, maka peluang Timnas Indonesia meraih tiket Olimpiade Paris melalui jalur finalis sudah tertutup rapat.

Satu tiket finalis tersisa sudah diamankan oleh Jepang yang pada laga lain berhasil membekuk Irak.

Meski demikian, asa Indonesia lolos ke Olimpiade Paris belum sepenuhnya tertutup, masih ada dua skenario yang bisa dilakukan Skuad Garuda demi berangkat dan bertanding di Paris, Prancis.

Baca Juga:  Kemendikbudristek: Perubahan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru

Kalahkan Irak untuk rebut tempat ketiga

Skenario pertama yang bisa dilakukan Indonesia adalah mengalahkan Irak dan merebut tempat ketiga Piala Asia 2024.

Jika skenario ini berhasil, Indonesia dipastikan bisa melenggang bebas menuju gelaran turnamen akbar multi cabang yang akan di gelar bulan depan.

Diketahui, Indonesia akan bersua Irak yang sama-sama menderita kekalahan pada babak semifinal Piala Asia 2024.

Pertandingan antara Indonesia menghadapi Irak dalam memperebutkan juara ketiga Piala Asia U-23 2024 akan dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Menang lawan Guinea di babak Playoff

Andai pada akhirnya harus tumbang dari Irak, skenario terakhir yang bisa dilakukan Indonesia adalah dengan mengalahkan Guinea di babak Playoff.

Baca Juga:  Di Tengah Konflik, Muslim Rohingya Diusir, Rumah pun Dibakar

Skenario ini merupakan kesempatan terakhir bagi Indonesia jika ingin merasakan tegangnya atmosfer Olimpiade 2024 di Paris.

Sebagai catatan, tim peringkat ke-4 Piala Asia U-23 bisa lolos ke Olimpiade 2024 lewat babak play-off. Tim tersebut akan bertemu wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei 2024 nanti. Tim pemenang akan lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Dipastikan terhindar dari Israel

Jika Indonesia berhasil lolos ke fase grup Olimpiade 2024 lewat salah satu skenario di atas, maka bisa dipastikan terhindar dari Israel. Berdasarkan drawing yang sudah digelar, Indonesia hanya mungkin berada di Grup B dan A.

Di sisi lain, Israel yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade 2024 dari zona Eropa berada di Grup D bersama Paraguay dan Mali. Satu peserta Grup D tersisa adalah juara Piala Asia U-23.

Baca Juga:  Negara Bagian Victoria Australia Larang Penggunaan Keffiyeh Palestina di Parlemen

Hanya saja, jika lolos dengan status peringkat ketiga Piala Asia U-23, Indonesia bakal satu grup dengan tim-tim kuat seperti Argentina dan Maroko.

Sementara jika lolos lewat babak Playoff, Indonesia bakal satu grup dengan Perancis maupun Amerika Serikat di Grup A.

Tentu saja, jika Indonesia lolos, masyarakat Tanah Air lebih senang berjumpa dengan tim-tim tersebut ketimbang harus satu grup dengan Israel.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik