Niyabah Bekasi Masyarakatkan One Day Khatam Quran, Capai 500 Peserta

Bekasi, MINA – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Niyabah Bekasi memasyarakatkan tilawah Al-Quran di tengah-tengah umat Islam melalui program One Day Khatam Quran (ODKQ) sejak tahun 2019, hingga kini telah mencapai 500 peserta.

“Alhamdulillah, Pasca go public melalui launching ODKQ pada 5 Oktober 2019, saat ini kita memiliki 18 group dengan peserta kurang lebih 500 orang,” koordinator program, Sumanto mengatakan kepada Kantor Berita MINA, Jumat (4/9).

Secara keseluruhan, berdasarkan data laporan,  ada group yang sudah mengkhatamkan 107 kali, 227 kali, 321 kali, hingga terbanyak 726 kali khatam. Ini dihitung tiap group yang dapat mengkhatamkan Quran dalam satu hari satu kali khatam.

Kegiatan tersebut bertujuan membiasakan diri tiap peserta untuk membaca Al-Quran minimal satu juz per hari, ujarnya.

Menurutnya, ide program ini berawal ketika Ustadz Wahyudi KS, Amir Majelis Ta’lim dan Tadrib Pusat (MTTP) menyampaikan Makalah Membangun Riyasah Produktif di Markas Niyabah Masjid Baitul Muttaqqin Jl. Pangeran Jayakarta Kp. Mekar Jaya, Harapan Mulya, Medan Satria Bekasi, Jawa Barat pada Ramadhan Tahun 1440 H (tahun 2018 M).

Ia menambahkan, dalam pemaparannya, Wahyudi menyampaikan salah satu usaha menjadikan Riyasah Produktif adalah bagaimana para ikhwan bisa rutin tilawah Al-Quran setiap hari, mau 1 lembar, 2 lembar atau bahkan 1 Juz per hari.

Lalu muncullah ide membuat program One Day Khatam Quran (ODKQ), dan digulirkan mulai Juli 2018.

“Awalnya, peserta hanya 30 orang, dan mulai 1 Agustus 2018 program ODKQ dimulai dengan satu group,” ujar alumni SMA Muhammadiyah 4 Andong, Boyolali tersebut.

“Karena memulainya bervariasi, ada yang sejak awal program bergulir, ada yang menyusul membentuk grup baru. Maka jumlah khatam Quran per group pun bervariasi,” imbuhnya.

Semakin bertambahnya peserta, terutama sejak go public melalui media sosial, sehingga para peserta terbuka umat Islam dari mana saja dan dari golongan mana saja. Bahkan, ada beberapa peserta WNI yang berada di Malaysia dan Arab Saudi, ujarnya.

Ia pun berharap setiap peserta adalah para duta ODKQ, yang dapat menyampaikan program ini kepada sanak saudara dan umat Islam secara lebih luas.

“Kami bersyukur kepada Allah dan hanya karena pertolongan Allah semata program ini berjalan. Semoga dapat ikut merekatkan umat Islam dalam satu kesatuan umat,” katanya.

Bagi kalangan umat Islam, ikhwan dan akhwat, yang berminat mengikuti program One Day Khatam Quran dapat menghubungi koordinator, Sumanto, di nomor WA : 0813-1804-0623. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.