Sahabat ODKQ, Berbagi ke Penjuru Negeri

Bekasi, MINA – Berbagi kebahagiaan bisa di mana saja, dalam bentuk apa saja, dan kapan saja. Itulah yang sekarang dilakukan oleh komunitas One Day Khatam Qur’an (ODKQ), sebuah komunitas yang didirikan oleh Ustaz Sumanto, dua tahun lalu, tepatnya bulan Agustus 2018.

Komunitas ODKQ bukan sekadar komunitas membaca Al-Quran lalu mengkhatamkannya dalam sehari. Tetapi juga mengajarkan para pesertanya senang berbagi kepada sesama. Meski masih cukup muda untuk sebuah komunitas membaca Al-Quran, namun mereka sudah menyalurkan bantuan dalam berbagai bentuk ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Ustaz Sumanto, pria kelahiran Solo, Jwa Tengah, 14 Januari 1976, yang memiliki kesibukan di salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menyempatkan dirinya untuk berbagi waktu untuk merawat dan menjaga komunitas ODKQ.

Dia sangat bersyukur karena para anggota ODKQ sangat bersemangat dan antusias dalam membaca Al-Quran, juga memberikan sedekahnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Komunitas ini dimulai bulan Agustus tahun 2018, kira-kira sudah berjalan kurang lebih sdh 2 tahun 5 bulan. Saya melihat antusias pesertanya sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dalam waktu singkat sudah terbentuk 23 grup,” kata pria yang sering disapa Ustaz Manto itu mengawali ceritanya.

Ustaz Manto mengungkapkan bahwa selain program membaca Al-Quran satu juz satu hari, pengurus komunitas tersebut juga memotivasi anggotanya untuk rajin menyalurkan sebagian harta terbaik kepada sesama melalui program di antaranya Sahabat ODKQ Berbagi ke Penjuru Negeri.

Berawal dari semakin berkembangnya jumlah peserta komunitas One Day Khatam Qur’an, membuat Ustaz Manto berfikir untuk memaksimalkan sumber daya umat yang sangat besar untuk kebaikan bersama. Dari situ kemudian tercetuslah program-program berbagi.

“Tapi kami tidak serta merta membuat program. Awalnya kami mengadakan jajak pendapat kepada seluruh peserta ODKQ terkait dengan rencana peluncuran program Sahabat ODKQ Berbagi ke Penjuru Negeri, melalui tromol infak Sahabat ODKQ,” katanya penuh semangat.

Menurut Ustaz Manto, berawal dari respon positif para anggota ODKQ itulah, program Sahabat ODKQ Berbagai ke Penjuru Negeri bisa dimulai. Ini menjadi penting sebab berhubungan dengan kemaslahatan umat Islam di mana pun berada.

Yang lebih membuat Ustaz Manto bersyukur adalah ternyata program kebaikan dari Komunitas ODKQ tidak berhenti di situ. Muncul program-program lain semisal membantu pembangunan masjid, madrasah, program santunan (sembako), program Jum’at Barokah Berbagi (JBB), dan membantu saudara atau orang yang sakit jika dirasa perlu dibantu.

Program Sahabat ODKQ Berbagi ke Penjuru Negeri sendiri mulai diluncurkan pada September 2020. Sejauh ini melalui perogram tersebut, komunitas ODKQ sudah menyalurkan bantuan seperti Wakaf Produktif untuk Pondok Tahfidz Nurul Bayan Majalengka.

Juga memberi dukungan dakwah bagi Maemuda Center. Kemudian pembangunan Masjid Muallaf di Filiphina. Selanjutnya program Sedekah Air Bersih untuk daerah Bau Bau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan lain sebagainya.

“Syukur alhamdulillah, insya Allah kegiatan ini akan terus dilaksanakan. Pada tiap Jumat yang akan datang program Jum’at Barokah Berbagi juga akan terus dilakukan. Program-program ini bisa terlaksa berkat adanya dukungan dan infak dari ihwan dan ahwat,” katanya.

Ustaz Manto berharap anggota ODKQ bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan semangat berinfak untuk mendukung program agar terus berkelanjutan. Rencanya, komunitas tersebut akan melakukannya sebulan sekali pada Jumat pekan pertama.

“Namun demikian tidak menutup kemungkinan program ini nantinya akan dilaksanakan setiap hari Jumat,” katanya.

Untuk pembaca yang ingin menyalurkan sedekah/infak terbaiknya melalui komunitas One Day Khatam Qur’an (ODKQ), bisa menghubungi melalui telepon 081318040623/Ustaz Sumanto. (A/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)