ODOJ: Olimpiade Pecinta Quran Digelar November Mendatang

Jakarta, 27 Jumadil Akhir 1437/6 April 2016 (MINA) – Komunitas One Day One Juz () akan mengadakan Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) pada 5-13 November mendatang dan rencananya akan berlokasi di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Ketua Umum ODOJ, Ricky Adrinaldi mengatakan, peserta akan di targetkan 130 ribu orang.

“Acara ini akan di adakan selama sembilan hari, dan pada hari terakhir tanggal 13 itu, akan diadakan perayaan Milad ODOJ yang ketiga, sekaligus memecah rekor dunia sebanyak 130 ribu jamaah akan hadir untuk tilawah akbar,” ujar Ricky saat di hubungi Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (6/4).

Ketua Panitia Pelaksana OPQ, Bakat Setiaji menyebutkan OPQ yang akan diadakan selama sembilan hari akan terdiri dari berbagai kegiatan, di antaranya ada lomba musabaqah tilawatil Quran (MTQ), musabaqah hifzil Quran (MHQ), dan tafsir Quran (TQ). Selanjutnya juga ada lomba-lomba seperti jingle OPQ dan maskot OPQ serta masih banyak lagi yang lainnya.

“Puncak kegiatan OPQ akan diisi tilawah akbar dengan mengundang lima syeikh dari lima benua serta penampilan robot yang bisa membaca Al-Quran (robot tilawah),” kata Bakat.

“Untuk menuju olimpiade OPQ nanti, kami akan mengadakan acara yang cukup besar, diantaranya sebelum menyambut ramadahan akan ada tilawah akbar  yang akan bekerja sama dengan salah satu perusahaan fashion dengan target  .000 orang yang hadir. Acara tersebut akan diadakan pada akhir bulan Mei yang rencananya berlokasi di Stadion Siliwangi (dalam konfirmasi). Kemudian, di akhir Juli ada Jakarta Mengaji (JM) sekaligus dalam sosialisasi OPQ di Istiqlal dan menargetkan 30.000 ODOJER yang akan hadir, selanjutnya baru acara OPQ,” jelas Ricky.

ODOJ bergerak menebar kebaikan melalui media sosial seperti whatsapp dan BBM. Saat ini ODOJ memiliki kurang lebih 4.470 group di seluruh Indonesia dan di luar negeri.

Setiap hari anggota satu grup yang terdiri 30 orang, masing-masing membaca satu juz, jika di jumlahkan semua menjadi 30 juz dalam sehari.

Dalam waktu dekat ODOJ akan meresmikan pengurus ODOJ di Singapura dan Taiwan.

“April ini kami akan ke Taiwan dan Singapura untuk meresmikan pengurus ODOJ di sana, semoga ini menjadi ladang dakwah dan berguna serta bermanfaat dan menjadi amal saleh untuk jamaah atau masyarakat,” tutup Ricky. (L/P007/P001).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.