OJK – Forum Markom Perbankan Syariah Gelar Expo iB Vaganza di Medan

Foto: BRISyariah

Jakarta, 12 Rajab 1438/9 April 2017 (MINA) – Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ahmad Soekro Tratmon mengatakan, OJK bekerjasama dengan perkumpulan Marketing Communication perbankan syariah nasional yang tergabung dalam Forum iB Markom, menyelenggarakan Expo iB Vaganza sejak Jumat (7/4) hingga Ahad (9/4) di Plaza Medan Fair, Medan.

“Kota Medan dipilih sebagai kota kedua pelaksanaan rangkaian Expo iB Vaganza 2017, setelah sebelumnya diadakan di kota Kediri,” kata Ahmad Soekro Tratmon dalam keterangan resminya yang diterima Kantor Berita Islam MINA, Ahad (9/4).

Ahmad menyebutkan, kota Medan dipilih kembali sebagai kota penyelenggaraan Expo iB Vaganza di tahun ini. Hal itu mengingat potensi pasar yang relatif terbuka lebar, sebagai pusat administrasi pemerintahan, pusat industri, pusat jasa pelayanan keuangan, pusat komunikasi, pusat akomodasi kepariwisataan, serta pusat perdagangan regional dan internasional.

“Expo iB Vaganza Medan 2017 di Plaza Medan Fair, Medan untuk semakin mengenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan produk dan jasa layanan perbankan syariah,” kata Ahmad.

Kata dia, acara yang diselenggarakan mulai Jumat 7 April hingga Ahad 9 April 2017 ini, diharapkan dapat mendorong sinergi perbankan syariah dengan Pemerintah Daerah, khususnya di Sumatera Utara.

Data OJK per Januari 2017, secara nasional industri perbankan syariah terdiri dari 13 Bank Umum Syariah, 21 Unit Usaha Syariah yang dimiliki oleh Bank Umum Konvensional dan 166 BPRS dengan total aset Rp. 356,50 triliun dengan pangsa pasar sebesar 5,13%.

“Sementara, total asset perbankan syariah di Wilayah Sumatera Utara  mencapai Rp 12,14 triliun dengan pangsa pasar sebesar 4,55%,” ucapnya

Rangkaian iB Vaganza yang kedua ini diikuti oleh 21 industri perbankan syariah, yaitu Bank Syariah Bukopin, Bank OCBC NISP Syariah, Bank Sumut Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat Indonesia, Bank Mega Syariah, Bank Danamon Syariah, Bank CIMB Niaga Syariah, Maybank Syariah, Bank Permata Syariah, Bank Sinarmas Syariah, BTN Syariah, BCA Syariah, BTPN Syariah, Bank Aceh Syariah, BPRS Puduarta Insani, BPRS Gebu Prima, BPRS Al-Washliyah dan BPRS Amanah Insan Cita. (L/R02/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.