OJK Gelar Keuangan Syariah Fair 2016 di Mall Gandaria City Jakarta

Foto: MINA/Chamid
Foto: MINA/Chamid

Jakarta, 24 Jumadil Awwal 1437/3 Maret 2016 (MINA) – Otoritas Jasa Keuangan () menggelar acara pameran produk dan jasa keuangan syariah Keuangan Syariah Fair (KSF) 2016 di Mall Gandaria City Jakarta, Kamis (3/3).

KSF merupakan bagian untuk terus mengenalkan dan mendekatkan masyarakat dengan produk dan jasa layanan keuangan syariah.

“OJK akan menyelenggarakan Keuangan Syariah Fair di berbagai kota di Indonesia. Ini merupakan salah satu strategi OJK untuk mendekatkan masyarakat dengan industri keuangan syariah dan sebagai sarana memamerkan keunggulan produk dan jasa keuangan syariah,” kata Firdaus Djaelani Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK dalam sambutan di pembukaan Keuangan Syariah Fair (KSF) 2016 di Mall Gandaria City Jakarta, Kamis (3/3).

Firdaus mengatakan, selain itu memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat berinteraksi dengan lembaga-lembaga keuangan syariah terkemuka di Indonesia.

Menurutnya, KSF yang pertama ini diikuti oleh 41 Perusahaan yang terdiri dari 11 Industri Keuangan Non Bank Syariah, 19 Industri perbankan Syariah dan 11 Industri pasar modal syariah.

Acara itu juga akan dimeriahkan dengan acara IB Goes To School, Talkshow, Aidil Akbar, Workshop Perbankan Syariah kepada guru, dan lain sebagaianya.

“Standar produk perbankan syariah disusun dengan tujuan untuk menjadi standar produk yang harmonis dengan berbagai ketentuan terkait,” kata Firdaus.

Ia menambahkan, hal ini diharapkan menjadi pedoman standar yang dapat membantu industri perbankan syariah dalam pengembangan dan pelaksanaan penyaluran produk.

“Selain itu juga memberikan kepastian hukum dan transparansi produk yang dapat melindungi konsumen,” katanya.

Pada kesempatan ini juga diluncurkan Group Kerja SIKOMPAK SYARIAH (Sinergi Komunikasi dan Pemasaran Bersama Keuangan Syariah) yang merupakan program bersama OJK dan Industri Keuangan Syariah dalam memasarkan produk  dan jasa keuangan syariah.

Selain itu juga diluncurkan Buku Standar Produk Perbankan Syariah yaitu untuk produk Murabahah, produk Musyarakah dan produk Musyarakah Mutanaqisah. (L/P010/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.