OKI Desak Dunia Pastikan Keamanan Palestina

Jeddah, MINA – Organisasi Kerjasama Islam () mendesak dunia untuk mengambil langkah-langkah mengakhiri pelanggaran yang dilakukan oleh pemukim dan pasukan pendudukan Israel terhadap keamanan di .

OKI pada Sabtu (2/2) mengutuk keputusan Israel yang tidak memperpanjangkan operasi pasukan pengamat internasional () di kota Hebron, Tepi Barat Palestina setelah 20 tahun berdiri, demikian Arab News memberitakan pada Senin (4/2).

OKI juga menyatakan tindakan Israel sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap Konvensi Jenewa dan hukum internasional.

Mereka meminta komunitas internasional untuk memastikan Kehadiran Internasional Sementara di Hebron, tetap tinggal di kota untuk melindungi rakyat Palestina.

TIPH telah mengerahkan pengamat sipil tak bersenjata sejak 1997 lalu. Sekitar 200.000 lebih warga Palestina yang tinggal di kota Hebron.

Atas keputusan Israel, Palestina juga mendesak PBB untuk mengerahkan pasukan internasional permanen di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

“PBB harus menjamin keselamatan dan perlindungan rakyat Palestina sampai akhir pendudukan Israel yang berperang.” Kata Pejabat Palestina Saeb Muhammad Salih Erekat.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan tidak akan memperpanjang mandat dari TIPH karena dituduh membantu palestina untuk memerangi Israel.

“kami tidak akan membiarkan kelanjutan dari pasukan internasional yang bertindak melawan kami,” kata Netanyahu. (T/Haf/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hafidzh nai

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.