Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Dibuka

Tokyo, MINA – Olimpiade 2020 secara resmi dibuka pada Jumat (23/7) malam waktu setempat di Stadion Tokyo, Jepang.

Kaisar Jepang Naruhito secara resmi membukanya setelah dipersilakan oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Sebelumnya Bach dalam pidatonya mengemukakan, pesta olahraga dunia sekali empat tahun ini seharusnya digelar pada Juli hingga Agustus 2020. Namun, ajang itu terpaksa ditunda lantaran pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Selamat datang di . Panitia Penyelenggara, dan pihak berwenang Jepang di semua tingkatan telah melakukan pekerjaan luar biasa. Atas nama semua atlet Olimpiade, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.”

Kepada tuan rumah, Bach menyampaikan, :”Sepuluh tahun yang lalu, Anda memulai perjalanan untuk membawa semangat Olimpiade kembali ke Tokyo setelah Olimpiade Tokyo 1964 yang luar biasa. Itu adalah perjalanan yang sulit, dengan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya: pertama, membangun kembali setelah Gempa Besar Jepang Timur, kemudian pandemi virus Corona . Inilah mengapa rasa terima kasih dan kekaguman kami kepada Anda semakin besar.”

“Kami berterima kasih kepada semua pahlawan tanpa tanda jasa, para dokter, perawat, dan semua orang Jepang yang berkontribusi untuk mengatasi pandemi,” ucap Thomas Bach dalam pidatonya.

Palestina terdapat di antara kontingen yang ambil bagian.

Indonesia dalam defile tampil dengan bendera Merah Putih yang dibawa oleh peselancar putra Rio Warda yang ayahnya asal Bali,  ibunya asal Jepang. 

Puncak dari tersebut adalah penyalaan api Olimpiade oleh petenis asal Jepang, Naomi Osaka, yang saat ini menjadi peringkat I dunia.

Hanya sekitar 950 orang yang berada di Stadion Tokyo, termasuk Ibu Negara AS Jill Biden yang sudah tiba di Tokyo sehari sebelumnya, Kamis malam.

Selain itu, ada Presiden Prancis Emmanuel Macron yang turut menghadiri upacara pembukaan beberapa saat setelah tiba di ibu kota Jepang. Terlebih, Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas edisi berikutnya pada 2024. (R/R11/

Mi’raj News Agency (MINA)