Pakistan Berharap Dapat Terus Tingkatkan Kerja Sama dengan Indonesia

Charge d’ Affaires of Embassy of Pakistan to Indonesia H.E. Sajjad Haider Khan (Foto : Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Charge d’ Affaires of Embassy of Pakistan to H.E. berharap kerja sama antara Pakistan dan Indonesia dapat terjalin lebih erat dan mengalami peningkatan khususnya di bidang perekonomian dan .

Hal tersebut disampaikan Sajjad dalam wawancara khusus MINA dengan Duta Besar Pakistan untuk Indonesia di Jakarta,  Kamis (13/8).

Sajjad mengatakan, meski terdapat beberapa perbedaan antara kedua negara, tetapi Indonesia dan Pakistan sudah memiliki hubungan yang terjalin sejak lama.

“Indonesia dan Pakistan merupakan dua wilayah berbeda dan di bawah kekuatan penjajahan yang berbeda pula. Kami dijajah oleh Inggris, Anda (Indonesia) dijajah oleh Belanda yang berbicara dalam dua bahasa berbeda. Pakistan secara historis memiliki hubungan yang lebih erat dengan negara-negara persemakmuran. Tapi dengan Indonesia sendiri, hubungan sejarah kedua negara juga telah terjalin sejak lama,” katanya.

“Perdagangan merupakan salah satu bidang penting baik bagi pemerintah Indonesia maupun pemerintah Pakistan. Hal Itu terus bergerak maju dan berkembang,” ujar Sajjad.

“Saat ini kami menerima minyak sawit senilai hampir dua miliar dolar setiap tahun, demikian juga batubara Anda yang juga dikirim ke Pakistan serta berbagai sayur-sayuran dan rempah-rempah ini dan banyak hal lainnya,” tambahnya.

Sajjad juga mengungkapkan, saat ini Pakistan tengah mengembangkan sektor pariwisatanya. Ia berharap ke depan akan banyak orang Indonesia yang mengunjungi Pakistan.

“Sektor pariwisata adalah satu area di mana kami ingin memperluas kerja sama. Mungkin belum banyak mengetahui bahwa Pakistan memiliki area yang indah. Kita merupakan negara Muslim jadi orang-orang Indonesia akan benar-benar merasa seperti di rumah sendiri ketika mengunjungi Pakistan. Namun dengan pemandangan, masyarakat dan budaya yang berbeda,” katanya.

“Semua bidang terbuka untuk dilakukan kerja sama” pungkasnya. (L/R7/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.