Pakistan Tegaskan Tak Ada Niat Normalisasi dengan Israel

Jakarta, MINA – Pemerintah Pakistan menegaskan, hingga saat ini belum ada niatan untuk melakukan normalisasi dengan Israel.

“Sampai saat ini kami adalah sahabat Palestina. Kami tidak mengakui Israel sejauh ini dan tidak berniat untuk melakukan normalisasi dengan Israel,” kata Muhammad Hassan, Duta Besar (Dubes) Pakistan untuk Indonesia saat melakukan wawancara eksklusif dengan Tim MINA, Senin (22/3) di Jakarta.

Dubes Hassan juga menegaskan dukungannya terhadap Palestina berdasarkan resolusi PBB dan hukum internasional.

Selain itu, Pakistan menyambut baik pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) oleh Otoritas Palestina dan kami berharap hal tersebut akan membawa persatuan.

Sebelumnya, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyatakan,ada dua alasan mengapa pihaknya tidak bisa mengakui Israel. Dia menjelaskan, situasi di Kashmir persis sama dengan situasi di Palestina.

“Jika kita mengakui pengambilalihan wilayah Palestina oleh Israel, maka kita juga harus mengakui apa yang telah dilakukan India di Kashmir, jadi kita benar-benar kehilangan moral,” katanya, seperti dikutip dari ABNA.

Alasan kedua, lanjut Khan, dan ini yang jauh lebih penting, yakni terkait perkataan Muhammad Ali Jinnah, pendiri kebijakan Pakistan.

Jinnah pernah mengatakan bahwa Pakistan tidak bisa mengakui Israel, kecuali ketidakadilan yang dilakukan terhadap rakyat Palestina dihapus. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.