Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Lampung Gelar Festival Muharram 1440H

Bandar Lampung, MINA – Dalam menyambut kedatangan Tahun Baru Islam, Panitia Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Lampung bekerjasama dengan Al-Aqsa Working Group (AWG) Biro Lampung menggelar Muharram 1440H dengan tema “Ana-anak Muslim Siap Bela Al-Aqsha”.

Acara ini dimulai sejak tanggal 1 hingga 23 September 2018 di Kompleks Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Muhajirun, Natar, Lampung Selatan.

Ketua panitia festival Robith Kurniawan menjelaskan, kegiatan yang rutin digelar setiap tahunnya ini bertujuan untuk mengingatkan kembali kaidah-kaidah dan esensi Tahun Baru Islam atau Hijriyah dalam proses pembentukan kepribadian Muslim yang memiliki peran penting dalam pembebasan Masjid Al-Aqsha di Kota Al-Quds Palestina yang kini masih dijajah entitas Zionis Yahudi Israel.

“Ini adalah mementum yang sangat baik untuk mempersatukan umat Islam. Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi sarana dakwah yang rahmatan lil ‘alamin,” kata Robith kepada MINA, Selasa (11/9).

Menurutnya, sebagai dakwah wadah pemersatu ummat melalui kegiatan-kegiatan dilakukan dengan berbagai perlombaan dan pameran dunia Islam. “Ini untuk menjadikan Islam lebih maju dan menjadi umat yang rahmaan lil ‘alamin,” ujarnyanya.

Acara Festival Muharram 1440H ini diikuti oleh santri dari tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan umum.

Acara ini diisi dengan berbagai macam perlombaan, antara lain, bercerita memimpikan berjuang membela Al-Aqsha, mewarnai gambar Masji Al-Aqsha, menggambar dengan tema Masjid Al-Aqsha, menulis Cerpen, hingga stand-up kisah Islam dan desain poster Al-Aqsha.

Untuk lomba menulis cerpen, kegiatan ini bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Bandar Lampung.

Selain itu, dalam festival Muharram kali ini juga akan digelar Expo Dunia Islam.

Rencananya, jelas Robith, puncak acara ini digelar pada Ahad 23 September 2018 dengan agenda Tablig Akbar di Masjid Terbesar di Lampung, Masjid An-Nubuwwah yang berada di jantung Kompleks Pondok Pesantren Al-Fatah Lampung.

Panitia Pelaksana Tabligh Akbar Jama’ah Muslimin (Hizbullah) merupakan gabungan dari beberapa organisasi yakni, Syubban (Pemuda) Jama’ah Muslimin Hizbullah Lampung, Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Lampung, Shuffah Al-Qur’an Abdulah bin Mas’ud (SQABM), Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Al-Fatah Lampung, Forum Komunikasi Mahasiswa Hizbullah (FKMH) Lampung, Mina News.net dan Lembaga Bimbingan Ibadah dan Penyuluhan Islam (LBIPI). (L/Dohir/R01).

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.