Partai BJP Modi Kalah dalam Pemilihan di Negara Bagian Benggala Barat

New Delhi, MINA – Partai Trinamool Congress (TMC) pimpinan Mamata Banerjee memenangkan mayoritas dua pertiga di negara bagian Benggala Barat India setelah mengalahkan partai Perdana Menteri Narendra Modi Partai Bharatiya Janata (BJP) dalam pemilihan negara bagian yang diadakan saat pandemi virus korona melonjak ke tingkat krisis.

Modi banyak kehilangan kepercayaan publik setelah terus dikritik karena berfokus pada pemilu daripada pandemi Covid-19 yang demikian hebat menimpa negara itu. Al Jazeera melaporkan, Senin (3/5).

Mamata Banerjee (66), seorang wanita, berjaya menjadi Menteri Utama Bengal Barat untuk ketiga kalinya setelah partainya Trinamool Congress (TMC) memenangkan mayoritas dua pertiga,

“Ia memenangkan lebih dari 200 kursi di majelis negara bagian dari  294 kursi yang diperebutkan,” kata pejabat komisi pemilihan.

Penghitungan akhir untuk beberapa kursi masih dilakukan.

Banerjee saat ini adalah satu-satunya menteri utama wanita di India.

Dalam pidato kemenangan pada Ahad (2/5), Banerjee mengatakan “tantangan langsung Benggala Barat adalah memerangi COVID-19 dan kami yakin bahwa kami akan menang”.

“Kemenangan ini telah menyelamatkan umat manusia, rakyat India. Ini adalah kemenangan India,” ujar Banerjee, kritikus sengit Modi. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)