Paspor Uni Emirat Arab Masuk Peringkat Pertama Terkuat di Dunia

Dubai, MINA – Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA)Sheikh Mohammed bin Rashid mengatakan UEA telah memiliki paspor terkuat di dunia yang bisa masuk ke 167 negara tanpa visa.

“Pada Hari Nasional UEA, Negara kita berada di peringkat pertama dunia yang memiliki paspor bisa masuk 167 negara tanpa visa, prestasi ini menjadi hadiah di Hari Nasional ke-47,” katanya.

Seperti diansir Skynews, Ahad (2/12) Indeks Pasport merilis, UEA berada di posisi pertama, Singapura tergelincir ke posisi dua, Jerman tetap di posisi tiga, sementara Denmark keempat dan Swedia kelima.

“Dunia membuka pintu untuk warga UEA, selamat! Semua berkat kerja keras tim Kementerian Luar Negeri UEA yang dipimpin oleh saudaraku Abdullah bin Zayed,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed, mengatakan bahwa “pencapaian ini mencerminkan kekuatan diplomasi positif UEA dan kontribusi aktif dan penting yang mengglobal.”

Tahun lalu 2017, UEA menargetkan negaranya masuk lima top paspor dunia di tahun 2021, tapi target itu membuahkan hasil tiga tahun lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

Indeks Paspor menyebut, parameter penilaian itu bergantung pada jumlah negara yang dapat disinggahi oleh pemegang paspor tanpa mengajukan visa atau mendapatkannya pada saat kedatangan di bandara.

UEA terus berusaha mewujudkan kebijakan rasional, bekerja keras dan membangun citra bersih di luar negeri dengan mengedepankan moderasi, rasa hormat dan penghargaan serta eksis mewujudkan pedamaian global.(T/RA1/RS3)

Miraj News Agency (MINA)