Pasukan Irak Bebaskan Sipil Mosul di Tengah Pertempuran

Anak Irak dari kota Mosul berhasil selamat dari distrik Kota Tua, tempat berlangsungnya pertempuran antara pasukan Irak dengan Islamic State (). (Foto: AP)

Mosul, 1 Syawwal 1438/25 Juni 2017 (MINA) – Di saat pertempuran antara pasukan Irak dengan kelompok Islamic State (ISIS) berlangsung di Mosul, sedikitnya 100 warga sipil mencapai kondisi aman di sebuah daerah yang dikuasai pemerintah.

Warga sipil yang tiba di sebelah barat Kota Tua itu terlihat, lelah, takut dan lapar. Prajurit memberi mereka makanan dan air. Demikian Middle East Eye memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lebih dari 100.000 penduduk sipil, di antaranya separuh diyakini adalah anak-anak, masih terjebak di rumah-rumah yang hancur di Kota Tua dengan sedikit makanan, air atau perawatan medis.

Kota Tua masih berada di bawah kendali ISIS. Itu adalah distrik terakhir yang masih dikuasai kelompok militan di Mosul, kota terbesar kedua di negara tersebut.

Pasukan perang kota Irak memimpin kampanye untuk membersihkan kelompok militan ISIS dari labirin gang-gang Kota Tua. Mereka harus berjalan kaki dari rumah ke rumah di lokasi yang terlalu sempit. Mereka tidak bisa menggunakan kendaraan tempur lapis baja.

Pengamat militer mengatakan, kampanye pemerintah Baghdad untuk memulihkan Mosul semakin cepat setelah ISIS diduga meledakkan Masjid Al-Nuri yang berusia 850 tahun pada tanggal 21 Juni. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.