Pasukan Israel Serang Sekolah Palestina di Nablus

Nablus, 18 Jumadil Akhir 1438/ 17 Maret 2017 (MINA) – menyerang sebuah sekolah menengah Palestina di Desa Burin, selatan Nablus, Tepi Barat yang diduduki dengan tembakan, dilaporkan WAFA dikutip MINA, Jum’at.

Ghassan Daghlas yang memonitor aktivitas permukiman ilegal di wilayah itu mengatakan, sekelompok pemukim Israel mengeluarkan tembakan dan menyerang sekolah serta mengintimidasi para siswa.

“Kekerasan oleh pemukim ilegal Yahudi adalah hal yang lumrah, mereka telah berulang kali menyerang bangunan Palestina dan tempat ibadah,” katanya.

Kekerasan pemukim Israel berupa merusak bangunan dan pembakaran masjid, pelemparan batu, pencabutan tanaman dan pohon-pohon zaitun, serta melakukan serangan terhadap rumah-rumah orang yang memiliki kekurangan.

Daerah di sekitar desa-desa selatan Nablus adalah sebuah wilayah yang sering terjadi bentrokan antara warga Palestina yang ingin mempertahakan tanahnya dengan pemukim Yahudi dan juga pasukan pendudukan Israel.

Pada pertengahan Februari 2014, pemukim Yahudi melemparkan batu pada anak dan menyerang sebuah sekolah menengah setempat yang menyebabkan bentrokan di dua tempat terpisah.

Menurut organisasi PBB yang mengurusi masalah kemanusiaan (UNOCHA), pemukim Yahudi sering menyerang sejumlah desa warga Palestina, merusak tanaman zaitun dan melarang para petani menggarap lahannya sendiri.

Akibatnya, pemuda setempat seringkali membalas dengan menargetkan kendaraan milik pemukim Yahudi yang ada di jalan-jalan utama di daerah itu.

Kekerasan pemukim Yahudi terhadap warga Palestina dan harta benda mereka di Tepi Barat yang dijajah Israel, merupakan cara sistematis yang disengaja oleh pemerintah Israel. Tidak ada upaya menyelesaikan tindak kekerasan itu atau mengadili para pelakunya. (T/R12/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.