Pasukan Somalia Akhiri Serangan Al-Shabab di Hotel, 13 Orang Tewas

Pejuang Al-Shabaab berjalan di kota Somalia yang dikontrolnya. (Foto: Mohamed Sheikh Nor/AP)

Kismayu, Somalia, MINA – Pasukan keamanan Somalia pada Sabtu mengakhiri serangan kelompok bersenjata Al-Shabaab di sebuah hotel di kota pelabuhan selatan Kismayu yang menewaskan sedikitnya 13 orang.

“Operasi ini selesai,” kata perwira polisi Mayor Mohamed Abdi melalui telepon dari Kismayu, demikian Al Jazeera melaporkan.

“Sejauh ini kami tahu 13 orang tewas. Banyak orang telah diselamatkan. Keempat penyerang itu ditembak mati,” katanya.

Al-Shabaab yang terkait dengan Al-Qaeda, menyerbu hotel setelah meledakkan bom mobil pada hari Jumat (12/7), di saat para tetua dan anggota parlemen setempat mengadakan pertemuan untuk membahas pemilihan regional.

Politisi dan jurnalis termasuk di antara yang tewas.

Pihak berwenang pada Jumat mengatakan, seorang pengebom bunuh diri menabrakkan kendaraannya yang penuh bahan peledak ke hotel Medina yang populer, diikuti oleh baku tembak.

Dalam sebuah pernyataan, Sindikat Jurnalis Somalia mengatakan, ada dua wartawan yang terbunuh.

“Mohamed Omar Sahal, koresponden SBC TV yang berbasis di Kismayo dan Hodan Naleyeh, jurnalis TV perempuan dan pendiri TV Integrasi sama-sama di antara mereka yang terbunuh,” kata Abdalle Ahmed Mumin, Sekjen Sindikat Jurnalis Somalia.

Pejabat keamanan Abdiweli Mohamed mengatakan pria bersenjata berat memaksa masuk ke dalam hotel, menembak ketika mereka pergi.

“Beberapa pria bersenjata masuk dan mulai menembak tetapi pasukan keamanan merespons dengan cepat dan terlibat dalam baku tembak dengan para penyerang di dalam gedung,” katanya. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)