PBB Serukan Israel Hormati Hak Anak Palestina Atas Pendidikan, Hentikan Penghancuran Sekolah

Foto ilustrasi. (Foto: AP)

Yerusalem, MINA – PBB meminta Israel untuk menghormati hak anak-anak Palestina atas pendidikan dan menghentikan penghancuran sekolah. Demikian dikutip dari Wafa, Selasa, (9/5).

“Hak anak atas pendidikan harus dihormati. Saya meminta otoritas Israel untuk menghentikan penghancuran dan pengusiran yang ilegal menurut hukum internasional, dan untuk menyetujui rencana bagi komunitas Palestina membangun secara legal di Area C untuk memenuhi kebutuhan pembangunan mereka, termasuk untuk sekolah,” demikian Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Tor Wennesland.

Wennesland membuat komentarnya sebagai tanggapan atas penghancuran oleh pendudukan Israel terhadap sekolah Jubbet Adh Dhib yang didanai donatur di desa kecil Palestina Bayt Ta’mar, di sebelah timur Bethlehem, pada Ahad kemarin.

Baca Juga:  Menengok Perayaan Idul Adha di Maroko

Dia menyatakan rasa terganggunya yang dalam atas pembongkaran sekolah dasar Palestina yang didanai Uni Eropa, sebuah pembongkaran yang secara langsung mempengaruhi pendidikan setidaknya 40 anak. Israel mengklaim pembongkaran tersebut mengikuti perintah pengadilan pendudukan Israel yang mengutip masalah keamanan sebagai tanggapan atas petisi oleh organisasi pemukim.

“Saat ini, 58 sekolah, melayani 6.500 anak, menghadapi ancaman pembongkaran karena kurangnya izin bangunan yang hampir tidak mungkin diperoleh warga Palestina,” tambahnya.

“Seperti yang saya ulangi pada pertemuan Ad Hoc Liaison Committee (AHLC) di Brussel pekan lalu, tindakan semacam itu yang berdampak negatif terhadap pemberian layanan dasar bagi warga Palestina mengancam stabilitas dan merusak Otoritas Palestina. Selain itu, hal tersebut juga dapat mendorong konflik yang terus-menerus, termasuk penghancuran, menimbulkan iklim ketidakpercayaan dan ketegangan antara Palestina dan pendudukan Israel, serta merusak prospek pencapaian solusi politik,” pungkasnya. (T/B03/P1)

Baca Juga:  Ustaz Khozin: Perlunya Berjamaah Bebaskan Al-Aqsa 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf