Pejabat Tinggi PBB Mengundurkan Diri karena Gagal Cegah Genosida di Gaza

New York, MINA – Direktur Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia di New York telah mengundurkan diri dari jabatannya, memprotes PBB “gagal dalam tugasnya untuk mencegah genosida warga sipil Palestina di Gaza.”

Craig Mokhiber menulis pada tanggal 28 Oktober kepada Komisaris Tinggi PBB di Jenewa, Volker Turk, mengatakan: “Ini akan menjadi komunikasi terakhir saya kepada Anda” dalam perannya di New York. Palinfo melaporkan, Selasa (31/1).

“Sekali lagi, kita melihat genosida terjadi di depan mata kita, dan organisasi yang kita layani tampaknya tidak berdaya untuk menghentikannya,” tambahnya.

Dia mengatakan, PBB telah gagal mencegah genosida sebelumnya terhadap Tutsi di Rwanda, Muslim di Bosnia, Yazidi di Kurdistan Irak, dan Rohingya di Myanmar dan menulis: “Komisaris Tinggi, kita gagal lagi.”

Baca Juga:  Relawan MER-C Rayakan Idul Adha di Jalur Gaza

“Pembantaian besar-besaran terhadap rakyat Palestina saat ini, yang berakar pada ideologi etnonasionalisme pemukim kolonial, yang merupakan kelanjutan dari penganiayaan dan pembersihan sistematis selama beberapa dekade, yang sepenuhnya didasarkan pada status mereka sebagai orang Arab, tidak diragukan lagi,” kata Mokhiber.

“Ini adalah kasus genosida,” ujarnya dan mengatakan AS, Inggris, dan sebagian besar Eropa tidak hanya “menolak untuk memenuhi kewajiban perjanjian mereka” berdasarkan Konvensi Jenewa tetapi juga mempersenjatai serangan Israel dan memberikan dukungan politik dan penutup diplomatik untuk itu.

Mengomentari tindakan tersebut, Gerakan Hamas mengatakan bahwa pengunduran diri pejabat PBB tersebut mengungkap keterlibatan komunitas internasional dalam genosida terhadap rakyat Gaza.

“Pengunduran diri Tuan Craig Mukhiber menegaskan sejauh mana keterlibatan memalukan kekuatan-kekuatan dan negara-negara tersebut dalam pembantaian Israel terhadap rakyat kami dan pelanggaran mengerikan terhadap semua norma dan konvensi internasional,” kata Hamas. (T/ /B04)

Baca Juga:  Israel Larang Hewan Kurban Masuk ke Gaza untuk Perayaan Idul Adha 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Zaenal Muttaqin