Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pejabat Tinggi PBB Mengundurkan Diri karena Gagal Cegah Genosida di Gaza

sri astuti - Rabu, 1 November 2023 - 07:41 WIB

Rabu, 1 November 2023 - 07:41 WIB

3 Views

Tangkapan layar video rekaman saat Rumah Sakit Al-Ahly Gaza dibom jet tempur Israel, Selasa dini hari, 17 Oktober 2023. (dok. Al Mayadeen)

New York, MINA – Direktur Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia di New York telah mengundurkan diri dari jabatannya, memprotes PBB “gagal dalam tugasnya untuk mencegah genosida warga sipil Palestina di Gaza.”

Craig Mokhiber menulis pada tanggal 28 Oktober kepada Komisaris Tinggi PBB di Jenewa, Volker Turk, mengatakan: “Ini akan menjadi komunikasi terakhir saya kepada Anda” dalam perannya di New York. Palinfo melaporkan, Selasa (31/1).

“Sekali lagi, kita melihat genosida terjadi di depan mata kita, dan organisasi yang kita layani tampaknya tidak berdaya untuk menghentikannya,” tambahnya.

Dia mengatakan, PBB telah gagal mencegah genosida sebelumnya terhadap Tutsi di Rwanda, Muslim di Bosnia, Yazidi di Kurdistan Irak, dan Rohingya di Myanmar dan menulis: “Komisaris Tinggi, kita gagal lagi.”

Baca Juga: Pertemuan Kwartet di Roma Bahas Kesepakatan Gencatan Senjata Gaza

“Pembantaian besar-besaran terhadap rakyat Palestina saat ini, yang berakar pada ideologi etnonasionalisme pemukim kolonial, yang merupakan kelanjutan dari penganiayaan dan pembersihan sistematis selama beberapa dekade, yang sepenuhnya didasarkan pada status mereka sebagai orang Arab, tidak diragukan lagi,” kata Mokhiber.

“Ini adalah kasus genosida,” ujarnya dan mengatakan AS, Inggris, dan sebagian besar Eropa tidak hanya “menolak untuk memenuhi kewajiban perjanjian mereka” berdasarkan Konvensi Jenewa tetapi juga mempersenjatai serangan Israel dan memberikan dukungan politik dan penutup diplomatik untuk itu.

Mengomentari tindakan tersebut, Gerakan Hamas mengatakan bahwa pengunduran diri pejabat PBB tersebut mengungkap keterlibatan komunitas internasional dalam genosida terhadap rakyat Gaza.

“Pengunduran diri Tuan Craig Mukhiber menegaskan sejauh mana keterlibatan memalukan kekuatan-kekuatan dan negara-negara tersebut dalam pembantaian Israel terhadap rakyat kami dan pelanggaran mengerikan terhadap semua norma dan konvensi internasional,” kata Hamas. (T/ /B04)

Baca Juga: Israel Serang Lebanon Selatan dengan Bom Fosfor Putih Terlarang

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Indonesia
Indonesia
Internasional
Internasional