PEJABAT UNI EROPA: BANTUAN MAKSIMAL UNTUK REHABILITASI GAZA

Kepala Kebijakan Luar Negeri Baru Uni Eropa (UE), Federica Mogherini melakukan kunjungan pertamanya ke Jalur Gaza pada Sabtu (Foto: KUNA)
Kepala Kebijakan Luar Negeri Baru Uni Eropa (UE), Federica Mogherini melakukan kunjungan pertamanya ke Jalur Gaza pada Sabtu (Foto: KUNA)

Gaza, 16 Muharram 1435/9 November 2014 (MINA) –  Kepala Kebijakan Luar Negeri Baru Uni Eropa (UE), Federica Mogherini melakukan kunjungan pertamanya ke Jalur Gaza pada Sabtu.

Dalam kunjungannya, ia ingin mendapatkan informasi tentang kehancuran yang disebabkan perang Israel baru-baru ini pada penduduk Palestina dan apa kebutuhan untuk pembangunan kembali Gaza. Kantor berita KUNA melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Setelah tiba, Mogherini mengadakan pertemuan dengan sejumlah menteri Palestina termasuk Menteri Perumahan dan Pekerjaan Umum, Mofed Al Hasaina dan Menteri Ekonomi Mamoun Abu Shahla di Gaza.

Baca Juga:  Israel Siapkan Skenario Pemakaman Massal Perang dengan Lebanon

“Pertemuan ini membahas beberapa isu utama Palestina, terutama eskalasi Israel di Al-Quds dan pembangunan kembali Gaza,” kata Al-Hasaina.

Al-Hasaina menambahkan, ia telah memberitahu Mogherini tentang kekurangan bahan bangunan yang sangat dibutuhkan untuk membangun kembali Gaza.

Para pejabat Palestina juga mengeluh kepada pejabat Uni Eropa terkait penutupan yang dilakukan Israel pada pelintasan dengan Jalur Gaza yang menghambat masuknya bahan bangunan ke Jalur Gaza yang diperlukan untuk rehabilitasi pasca perang.

Mogherini berjanji akan melakukan semua yang dapat dilakukannya dengan kekuasaannya untuk membayar pembiayaan yang diperlukan sesegera mungkin untuk membantu percepatan rehabilitasi Palestina yang terkena dampak perang terakhir. (T/P011/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Comments: 0