Pembalap Indonesia Akan Ikuti Debut Moto3 2021 di Qatar

Jakarta, MINA – Persiapan , menjelang debut di Moto3 akan dimulai di Qatar menyusul perubahan jadwal dan lokasi tes pramusim.

Andi Farid Izdihar kembali menjadi satu-satunya pembalap asal Indonesia yang akan tampil pada ajang 2021. Ajang balapan itu akan digelar dua kali yaitu MotoGP Qatar pada 28 Maret dan MotoGP Doha pada 4 April mendatang. Demikian keterangan pers yang diterima MINA, Jumat (5/2).

Pembalap yang akrab disapa Andi Gilang tersebut akan memulai perjuangannya di kelas Moto3 bersama Idemitsu Honda Team Asia.

Hal ini menjadi musim kedua Andi Gilang pada ajang grand prix motor setelah memperkuat tim yang sama di kelas Moto2 pada musim lalu.

Andi Gilang telah menjajal motor Honda NSF250RW dalam tes privat di Sirkut Algarve, Portugal, setelah balapan seri terakhir MotoGP Portugal pada November silam.

Andi Gilang bakal menunggu sedikit lebih lama sebelum bisa kembali mengendarai motor balapnya. Pasalnya, jadwal tes pramusim Moto2 dan Moto3 musim 2021 baru saja mengalami perubahan.

Tes pramusim yang awalnya digelar pada 16-18 Maret di Sirkuit Jerez, Spanyol, akan dipindahkan ke Sirkuit Losail, Qatar, pada 18-21 Maret.

Dalam pernyataan resmi di laman MotoGP, perubahan lokasi tes pramusim Moto3 dan Moto3 dilakukan demi menciptakan kondisi seefektif dan seefisien mungkin.

Pemusatan agenda tes pramusim di Qatar bertujuan untuk meminimalisir perjalanan para pembalap dan tim, di samping menciptakan bubble sedini mungkin.

Sebelumnya tes pramusim pertama MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, juga mengalami penundaan.

Tes shakedown dan tes resmi MotoGP di Sepang akhirnya digabungkan dengan agenda tes pramusim kedua di Qatar karena masalah serupa.

Tes pramusim MotoGP 2021 akan dibuka dengan tes shakedown (5 Maret) sebelum diikuti dengan tes resmi pertama (6-7 Maret) dan tes resmi kedua (10-12 Maret).

Pemusatan agenda tes pramusim di sisi lain menunjukkan komitmen untuk menyelenggarakan balapan di Qatar ketika pandemi Covid-19 masih mengancam.

Tes pramusim dan balapan pembuka MotoGP 2021 di Qatar sempat dirumorkan terancam karena meningkatnya kasus Covid-19 di Eropa. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.