Pembalap Indonesia, Andi Gilang Jadi Juara Asia Road Racing Championship 2022

Pembalap Indonesia, Andi Farid Izdihar juara Asia Road Racing Championship 2022 di Buriram, Thailand. (AHM)

Jakarta, MINA – Andi Farid Izdihar atau lebih dikenal berhasil menjadi juara (ARRC) 2022.

Penampilan gemilang dan heroik ditunjukkan para pembalap binaan PT AHM saat menuntaskan ARRC musim 2022. Pada seri terakhir yang diselenggarakan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, para pembalap mendominasi podium dalam dua race yang diselenggarakan Sabtu-Ahad (19-20/11).

Bahkan Andi Gilang mampu sapu bersih podium pertama dalam dua race, sekaligus mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara ARRC kelas Supersport (SS) 600.

Gelar ini juga menjadi sejarah untuk AHRT yang mampu merebut juara di kelas bergengsi ARRC.

Pada balapan pertama Sabtu (19/11), pembalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan itu tampil sangat impresif. Start dari posisi kedua, dirinya sempat melorot ke beberapa posisi. Namun di pertengahan balap, dirinya berhasil melaju semakin ke depan dan mampu mengatasi perlawanan para pesaing untuk menduduki podium teratas.

Pada balapan kedua Ahad (20/11), Andi masih konsisten tampil apik. Sadar tertinggal 14 poin dari pimpinan klasemen, dia harus merebut kembali podium teratas dan merebut 25 poin lagi.

Upaya itu berhasil, tampil di atas trek basah dan licin, Andi mampu mengambil lagi posisi terdepan dan mengamankan race kedua dengan kemenangan sekaligus memastikan gelar juara.

Kemenangan ini begitu dramatis karena dengan hasil race terakhir perolehan poin Andi Gilang menyamai pimpinan klasemen sebelumnya. Namun Andi dinyatakan sebagai kampiun kelas SS600 karena mengoleksi kemenangan lomba lebih banyak.

“Balapan yang sangat luar biasa. Saya mencoba mengatur irama dengan baik, menjaga fokus agar tidak melakukan kesalahan. Bahkan sampai lap terakhir saat saya kehilangan posisi pertama, saya tetap berusaha untuk tenang dan mencoba mengambil kesempatan yang ada. Akhirnya, di tikungan terakhir saya bisa kembali mengambil alih posisi dengan baik dan finish pertama. Double winner dan penentuan ini adalah momen terbaik dalam karier balapan saya,” kata Andy usai balapan dikutip dari rilis AHM. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.