Pemerintah Belanda Larang Ekspor Daging Halal

(Foto: dok. Halal Focus)
(Foto: dok. Halal Focus)

Amsterdam, 10 Jumadil Awwal 1437/18 Februari 2016 (MINA) – Pemerintah berencana membatasi penyembelihan melalui berbagai langkah baru, termasuk larangan halal.

Menteri pertanian, Martijn Van Dam mengumumkan rencana tersebut dalam surat yang dikirimkannya pada salah satu anggota dewan majelis Belanda, Tweede Kamer.

Selain larangan ekspor daging halal, pejabat dari Netherlands food and counsumer product safety authority juga akan membuat larangan produk halal lainnya, karena tahun lalu pemerintah didesak dengan otoritas untuk larangan penyembelihan secara langsung karena tindakan tersebut tidak hewani, demikian laporan Halal focus yang diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Otoritas tersebut berisi, ‘akan mengawasi kepatuhan dengan persayaratan hukum terhubung  bagi kesejahteraan hewan’. Otoritas akan mengawasi segala praktek  dari rumah  pemotongan yang akan menanggung denda jika berani melanggar otoriter yang sudah dibuat.

Perjanjian tersebut ditanda tangani anggota senat Belanda pada tahun 2012 yang sudah pemotongan hewan dengan cara yang tidak menyenangkan.(T/mar/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.