Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Erdogan

Ankara, MINA – Para mengucapkan kepada Presiden Turki Recep Tayyip karena Dewan Pemilihan Tertinggi negara itu mengumumkan bahwa ia memenangkan mayoritas mutlak dalam pemilihan presiden hari Ahad (24/6/2018).

Ucapan selamat pertama dari negara Uni Eropa datang dari Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, menurut sumber-sumber presiden. Anadolu Agency melaporkan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas “keberhasilan besar” itu, menurut pernyataan Presiden Azerbaijan.

Dalam panggilan telepon, Aliyev mengatakan Turki di bawah kepemimpinan Erdogan telah tumbuh dengan ekonomi yang baik dan Ankara telah mengokohkan posisinya secara internasional.

Selama percakapan, keduanya juga menyatakan keyakinan mereka terhadap kemajuan hubungan persaudaraan antara Turki dan Azerbaijan di semua bidang.

Pernyataan itu juga mengatakan Aliyev mengundang Erdogan untuk mengadakan kunjungan resmi ke Azerbaijan, dan Erdogan menerimanya.

Republik Turki Siprus Utara (TRNC) Presiden Mustafa Akinci, Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borissov juga menjadi pemimpin yang mengucapkan selamat kepada presiden Turki atas kemenangannya.

Lebih Sukses

Selain itu, Perdana Menteri Albania Edi Rama mengucapkan selamat kepada Presiden Erdogan melalui panggilan telepon, yang diterima Erdogan dengan ucapan terima kasih, menurut sumber-sumber presiden.

Dalam sebuah panggilan telepon, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga mengucapkan selamat kepada Erdogan mengenai “keberhasilan proses demokrasi Turki dan kemenangannya dalam pemilihan presiden,” kata kantor berita resmi Palestina (WAFA).

Abbas mengatakan, “Saya berharap Turki lebih sukses, maju, dan stabil.”

Erdogan, menurut menekankan “dukungan berkelanjutan” Turki bagi rakyat Palestina dan “tujuan mereka dan hak mereka untuk kebebasan dan stabilitas.”

Presiden Bosnia Bakir Izetbegovic menelepon Erdogan untuk memberi selamat kepadanya atas keberhasilannya dalam pemilihan.

Pesan-pesan internasional lainnya ucapan selamat datang dari Menteri Luar Negeri Yunani Nikolaos Kotzias, Presiden Sudan Omar al-Bashir, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, dan Presiden Macedonia Gjorge Ivanov.

Presiden Kosovo Hashim Thaci juga mengucapkan selamat kepada Erdogan melalui akun Twitter-nya dan berkata: “Menantikan kerjasama baik kami yang berlanjut antara Kosovo dan Turki. Dua negara adalah sekutu strategis di semua bidang.

Jalan Kemajuan dan Kemakmuran

Mamadi Toure, menteri luar negeri negara Guinea di Afrika Barat, juga mengucapkan selamat kepada timpalannya dari Turki, Mevlut Cavusoglu, pada kemenangan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) yang berkuasa.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic berharap Erdogan sukses dalam menjalankan tugasnya.

“Serbia sangat mementingkan persahabatan sejati dengan Turki dan berkomitmen untuk mengembangkan hubungan yang baik dan solid. Kami akan terus menjadi mitra terpercaya bagi Turki dan kepemimpinannya, yang siap melindungi dan mempertahankan nilai dan prinsip di masa yang lebih menantang,” kata Vucic dalam pernyataan tertulis.

“Anda telah membuat kemenangan baru di jalan menuju kemajuan dan kemakmuran bangsa Turki yang hebat, dan saya yakin bahwa tekad Anda akan tetap menjadi visi kepemimpinan Anda dalam menghadapi tantangan di masa depan,” kata Vucic dalam percakapan telepon dengan Erdogan.

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain “memberikan perhatian sepenuh hati kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan Turki atas kemenangannya dalam pemilihan umum”.

Hussain menggarisbawahi bahwa jumlah pemilih yang besar dan situasi damai dari pemilihan parlemen dan presiden adalah bukti kekuatan dan semangat nilai-nilai dan institusi demokratis Turki.

Hussain menyatakan harapan bahwa Turki akan melanjutkan jalannya kemajuan dan kemakmuran di bawah kepemimpinan Erdogan dan bahwa hubungan bilateral bersejarah dan tak tertandingi antara Pakistan dan Turki akan terus tumbuh.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko memberi selamat Erdogan pada pemilihan kembali dan mengatakan Turki “akan melanjutkan gerakan progresifnya di sepanjang jalan kemajuan dan kemakmuran.

“Saya yakin bahwa kerjasama bilateral strategis, yang berkembang secara dinamis, memiliki potensi besar, dan dengan upaya bersama kita akan dapat mencapai puncak dalam bidang politik, perdagangan-ekonomi dan bidang interaksi lainnya,” kata Lukashenko.

Selamat dari Timur Tengah

Dalam percakapan telepon, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden dan parlemen.

Kantor berita Kuwait, KUNA, mengatakan bahwa emir memuji hubungan yang menonjol dan bersejarah antara kedua negara, mengungkapkan harapan hubungan akan tumbuh lebih baiklagi pada masa yang akan datang.

Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmajo juga mengucapkan selamat kepada Erdogan dalam sebuah pernyataan di Twitter.

“Selamat kepada Presiden @RT_Erdogan pada pemilihan presiden yang sukses. Pemerintah dan rakyat Somalia memberi selamat kepada rakyat Turki mengenai pemilihan presiden dan parlemen bersejarah mereka. Turki adalah mitra penting Somalia,” tulisnya.

“Ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Erdogan dan Partai AK dan kepada rakyat Turki atas kemenangan mereka dalam pemilihan presiden dan parlemen,” tweet Ezzat al-Rishq, pemimpin senior gerakan Hamas.

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa memberi selamat Erdogan pada keberhasilan pemilihannya dan menggarisbawahi hubungan yang mengakar kuat antara Turki dan Bahrain, menurut Kantor Berita Bahrain.

Ikhwanul Muslimin Mesir juga merilis sebuah pesan, memberi selamat kepada Erdogan tentang keberhasilan pemilihannya.

Anggota senior kelompok itu, Ibrahim Munir, menulis di Facebook bahwa kelompok itu berdoa untuk pengembangan lebih lanjut Turki selama masa pemerintahan Erdogan.

“Semoga Tuhan melindungi Anda, seluruh dunia Islam dan kemanusiaan,” katanya.

Rached Ghannouchi, pemimpin Gerakan Ennahdha di Tunisia, juga menyampaikan salam kepada Erdogan.

Dalam sebuah posting Twitter, politisi Tunisia mengatakan dia mengucapkan selamat kepada Erdogan, partainya dan sekutunya untuk kepercayaan baru yang mereka terima dari orang-orang mereka. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.