Pemimpin Tertinggi Iran: ‘Musuh’ Terlibat Dalam Protes

Teheran, MINA – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, “musuh” terlibat dalam kekerasan jalanan yang meletus bulan lalu atas kematian Mahsa Amini, wanita berusia 22 tahun yang mati dalam tahanan polisi.

Khamenei telah menuduh Amerika Serikat, Israel dan “agen” mereka mengobarkan kerusuhan yang dipicu oleh kematian Amini, yang ditangkap karena gagal mematuhi aturan berpakaian untuk wanita.

“Hari ini, semua orang mengkonfirmasi keterlibatan musuh dalam kerusuhan jalanan ini,” kata Khamenei pada Rabu (12/10), dalam pertemuan dengan badan penasihat Dewan Kebijaksanaan yang disiarkan oleh televisi, Nahar Net melaporkan.

“Tindakan musuh, seperti propaganda, mencoba mempengaruhi pikiran, menciptakan kegembiraan, mendorong dan bahkan mengajarkan pembuatan bahan pembakar, sekarang benar-benar jelas,” katanya, tanpa mengidentifikasi musuh yang dimaksud.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Sebelumnya pada hari yang sama, pengadilan mengatakan telah mendakwa lebih dari 100 orang atas protes di provinsi Teheran dan Hormozgan.

“Beberapa dari orang-orang ini adalah agen musuh atau… bersekutu dengan musuh, dan beberapa adalah orang-orang yang bersemangat,” kata Khamenei.

“Otoritas peradilan dan keamanan harus melakukan tugas mereka” dalam menangani “agen musuh”, katanya.

Sejak 16 September, puluhan orang — sebagian besar pengunjuk rasa, termasuk juga anggota pasukan keamanan – tewas, sementara ratusan lainnya ditangkap di beberapa kota di seluruh negeri. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.