Pemuda Jama’ah Muslimin Jakut Adakan Pelatihan Hisab Ibnu Syatir

Peserta Pelatihan Hisab Metode Ibnu Syatir Addimasyqi di Masjid Ar-Royan, Kelurahan Rawabadak Utara, Kec. Koja, Jakarta Utara, Ahad, 22 September 2019. (Foto: Sakuri/MINA)

Jakarta, MINA – Pemuda Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Jakarta Utara mengadakan Metode Ibnu Syatir Addimasyqi untuk para pemuda masjid.

Ketua Pelaksana Pelatihan Rahmat Asy’ari mengatakan, pelatihan diadakan dengan harapan para pemuda yang aktif dalam agenda kegiatan masjid memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam perhitungan hisab.

“Pelatihan hisab metode Syeikh Alauddin Ibnu Syatir Addimasyqi dengan harapan para pemuda yang aktif dalam agenda kegiatan masjid memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam perhitungan hisab,” katanya kepada MINA di sela-sela acara yang diadakan di , Kec. Koja, Jakarta Utara, Ahad (22/9).

Peserta diikuti oleh 55 orang dari wilayah Jabodetabek. Pelatihan diasuh oleh , Anggota Tim Ahli Falak dari Pusat Observasi Falak Jama’ah Muslimin (Hizbullah).

Baca Juga:  Perkembangan Sistem Teknologi Berikan Peluang Berkreativitas

Syamsuddin mengatakan, pelatihan akan berlanjut dengan praktik setiap daerah di tempatnya masing-masing.

“Mudah-mudahan berikutnya bisa berkembang dengan baik. Setiap daerah harus ada perwakilan yang cukup mumpuni. Mereka setiap bulan harus menyetor hasil perhitungan dan setiap akhir bulan melakukan rukyat pagi dan sore, agar mereka lebih paham,” kata Syamsuddin kepada MINA.

Salah seorang peserta yang bernama Hafiz mengatakan bahwa pelatihan jenis ini sangat penting untuk diketahui oleh orang awam.

“Dengan adanya perhitungan hisab ini kita akan bisa lebih tahu bagaimana menetapkan tanggal awal dan akhir Ramadhan. Ini penting sekali bagi orang-orang awam sehingga bisa tahu cara perhitungan ilmu falak,” katanya. (L/Wali/RI-1)

Baca Juga:  Sudah 92% Visa Jamaah Haji Reguler Indonesia Terbit

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.