Pendidikan Anak Usia Dini Penting bagi Generasi Bangsa

Jakarta, MINA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan () mengatakan, yang berkualitas dapat memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kualitas hidup anak generasi bangsa di masa datang.

“Karena itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mendorong perluasan layanan dan peningkatan mutu pendidikan anak usia dini yang lebih baik,” ujar Mendikbud di Jakarta, Rabu (30/8).

Dikutip dari rilis kemdikbud, dalam sambutannya pada peluncuran Program Universal untuk kabupaten Bogor, hail kerjasama Kemendikbud, UNICEF dan IKEA Foundation itu, Mendikbud kembali menekankan pentingnya setiap anak Indonesia memperoleh layanan pendidikan anak usia dini.

Ia menuturkan, PAUD yang berkualitas penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak.

“Anak usia dini perlu mendapat kesempatan terbaik sejak awal kehidupannya dengan memperoleh pengalaman, baik dari stimulasi positif, perlindungan anak, hingga layanan kesehatan dan gizi,” ujarnya.

Pada 2017, pemerintah mengalokasikan Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Penyelenggaraan (DAK BOP) PAUD sebesar Rp3,35 triliun.

“Dukungan tersebut diharapkan dapat terus bertambah untuk tahun mendatang demi mendukung Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, sehingga setiap anak dapat terlayani PAUD minimal satu tahun sebelum masuk sekolah dasar atau SD,” kata Mendikbud. (R/R05/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.