PENJAGA PANTAI TURKI TEMBAK KAPAL PENGUNGSI SURIAH

Kapal penjaga pantai Turki (Foto: AP)
Kapal penjaga pantai Turki (Foto: AP)

Ankara, 23 Jumadil Awwal 1436/14 Maret 2015 (MINA) – Penjaga pantai Turki melepaskan tembakan untuk menghentikan sebuah kapal kargo yang membawa 337 migran, terutama warga Suriah yang menuju perairan Uni Eropa.

Pejabat setempat mengatakan, penjaga pantai juga menangkap orang-orang yang dicurigai sebagai pealu perdagangan manusia.

Kamis malam (12/3), penjaga pantai melancarkan operasi memburu kapal Dogan Kartal 59 meter yang tampak menuju Selat Dardanella di Laut Turki, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Kapal awalnya tidak mengindahkan seruan untuk berhenti, termasuk tembakan peringatan, namun akhirnya terpaksa berhenti ketika penjaga pantai menembaki mesin kapal, kantor berita nasional Anatolia melaporkan, Jumat.

Anatolia melaporkan, sebanyak 337 migran berada di atas kapal, termasuk 85 anak-anak dan 68 wanita Suriah.

Dikatakan, ditangkap dua awak kapal warga Turki bersama tiga tersangka pelaku  perdagangan manusia.

Lalu lintas di Selat Dardanella merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia.

Para pengungsi Suriah yang dievakuasi dari kapal, ditempatkan di sebuah gedung olahraga di kota Gelibolu.

Turki yang menampung sekitar 1,7 juta pengungsi Suriah, menjadi titik transit utama bagi para migran yang ingin mencari kehidupan lebih baik di Eropa.

Banyak pengungsi membayar ribuan dolar untuk melakukan perjalanan berbahaya dengan perahu-perahu kecil yang sering berakhir dengan bencana di laut. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Comments: 0