Perbasi Siapkan Timnas untuk FIBA World Cup 2023

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima Ketua Umum Danny Kosasih, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dan Sekjend Perbasi Nirmala Dewi di Lantai 10, Kemenpora, Jakarta.

Pada pertemuan tersebut, Kamis (8/10), Perbasi melaporkan mengenai dua hal yakni persiapan Indonesia menjadi tuan rumah dan pembatalan Indonesia Basket League (IBL) 2020. Setelah itu, Menpora RI dan Perbasi menggelar konfrensi pers di Lobi Kemenpora.

Menpora RI mengatakan, Perbasi saat ini terus melakukan persiapan untuk timnas basket Indonesia menghadapi Kejuaraan Basket Asia 2021 dan FIBA World Cup 2023 nanti. Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (9/10).

“Ketua Umum Perbasi melaporkan kepada saya terkait persiapan kejuaraan basket Asia 2021. Kejuaraan ini sebagai rangkaian untuk persiapan kita menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023,” katanya.

“Tentu kita apresiasi apa yang dilakukan Perbasi untuk menyiapkan tim jelang kejuaraan dunia. Pada kejuaraan FIBA 2023 nanti, kita ingin Timnas Basket Indonesia bisa memberikan hasil yang terbaik, tidak di tahapan penyisihan, tapi kita ingin sampai tahapan-tahapan selanjutnya,” ucap Menpora.

Terkait Pembatan IBL 2020 pada prinsipnya Menpora menyerahkan sepenuhnya kepada Federasi dalam hal ini Perbasi dan IBL selaku operator.

“Kami menghormati keputusan Direktur IBL yang membatalkan IBL 2020 karena situasi pandemi Covid-19 karena itu memang kewenangan Federasi, Pemerintah tidak bisa campur tangan dan hanya memfasilitasi sesuai permintaan federasi,” tambahnya.

Selain itu, Ketum Perbasi Danny Kosasih mengucapkan terima kasih atas dukungan Kemenpora terhadap naturalisasi 3 pemain basket yakni Kimberliy Pierre Louis, Lester Prosper, dan Brandon Van Dorn Jawato yang diharapkan mampu memberikan prestasi bagi tim merah putih.

“Perbasi menyampaikan terima kasih tentang proses pebasket naturalisasi. Diharapkan ini menjadi tulang punggung tim nasional,” katanya.

“Timnas saat ini sedang melakukan TC di Bandung. Seperti yang disampaikan Pak Menpora, kita mempersiapkan tim dengan semaksimal mungkin agar bisa memperoleh hasil yang terbaik,” ujar Danny. (R/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.