PERDOKHI: Optimalkan Kesehatan Jamaah Haji dan Umrah dengan Vaksin Influenza

Jakarta, MINA – Ketua PP Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) Muhammad Ilyas, bekerja sama dengan Sanofi Pasteur akan mengoptimalkan kesehatan jamaah haji dan umrah, salah satunya dengan memberikan vaksin influenza.

“Terkait permasalahan kesehatan, khususnya para jamaah haji, untuk mencapai suatu predikat yang sesuai dalam memberikan perlindungan dengan optimal, agar terlaksananya seluruh rangkaian jamaah haji, sangat penting peran vaksin influenza ini,” ujar Muhammad Ilyas dalan diskusi media bertema ‘Manfaat Optimalisasi Kesehatan Jemaah Haji dan Umrah’ di Jakarta, Rabu (4/3).

Ia menjelaskan, influenza adalah penyakit pernapasan yang menular dan disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Penyakit yang mudah menular ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi, bahkan yang terburuk dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga:  T Murdani: Dakwah bukan Soal Ajakan Sunnah Nikah dan Nikah Lagi

Hal ini sejalan dengan pemerintah Arab Saudi, yang mewajibkan kepada semua orang yang akan masuk ke negaranya, untuk mendapatkan vaksin terlebih dahulu, guna memastikan warganya telah mendapatkan vaksin sebelum masuk ke tanah suci.

“Vaksin influenza yang tersedia saat ini adalah strain vaksin influenza yang lebih lengkap (4 strain) sehingga mampu memberikan perlindungan yang maksimal untuk jamaah haji. Dengan vaksinasi, jamaah tidak hanya melindungi dirinya sendiri, namun juga secara tidak langsung melindungi jamaah lain dari kontaminasi virus influenza,” katanya.

Ia juga menyarankan, untuk para jamaah haji agar tidak rentan terkena virus lain, yaitu dengan mengikuti vaksinitas influenza ini.

Ilyas berharap para jamaah haji dan umrah mempersiapakan dirinya dari sisi fisik, bukan hanya sekedar materi, agar mereka bisa lebih paham terhadap resiko-resiko saat berada di Arab Saudi, yaitu menjalankan pola hidup sehat dan menggunakan APD.

Baca Juga:  Disdikbud Jateng Larang Sekolah Selenggarakan Study Tour

“Juga menghindari kemungkinan terkena infeksi pernapasan, ketika bersin dan batuk dengan menutup mulut agar tidak menular kepada orang lain,” tambahnya.

Beberapa tips ia ungkapkan untuk membantu mencegah penularan virus influenza yaitu dengan membudayakan pola hidup sehat, seperti memperbanyak minum air, istirahat yang cukup, mebersihkan dan sering mencuci tangan dengan sabun serta menutup mulut saat bersin atau batuk. (L/SSH/R6/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: illa

Comments are closed.