Pererat Persaudaraan, Baznas Gelar Turnamen Futsal

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () bersama dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) menggelar Turnamen Piala Bergilir Ketua Baznas 2019 dalam rangka meningkatkan sinergi keakrabab, mengoptimalkan koordinasi dan mendorong semangat kebangkitan zakat.

Peserta diikuti 14 klub futsal yang terdiri atas dua dari Baznas dan 12 dari LAZ nasional, masing-masing hanya mengirimkan satu tim. Klub-klub tersebut berasal dari Lazis Muhammadiyah, Lazis Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Lazis Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Dompet Dhuafa (DD), Rumah Zakat (RZ), Yatim Mandiri, IZI, Global Zakat ACT dan LAZ YAKESMA.

Anggota Baznas, Irsyadul Halim mengatakan, turnamen itu dalam rangkaian peringatan Milad ke-18 Baznas yang jatuh pada 17 Januari lalu. Menurutnya, dari turnamen ini bisa memacu sportifitas dan belomba-lomba dalam kebaikan.

“Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk berolah raga seperti memanah, berenang dan berkuda. Untuk menggelorakan spirit kebangkitan zakat, kita mengoptimal dakwah zakat lewat olah raga melalui turnamen ini,” kata Irsyadul di Jakarta, Sabtu, (23/2).

Irsyad mengatakan, turnamen yang memperebutkan piala bergilir Ketua Baznas, berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Ahad, 23-24 Februari 2019, di mana final ditetapkan Ahad sekaligus penutupan dan pemberian hadiah.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan rekan-rekan dari LAZ. Semoga kita semakin memantapkan langkah dan bergandengan tangan dalam melayani masyarakat Indonesia, termasuk aparatur sipil negara (ASN) untuk menuaikan zakat,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pemilihan futsal sebagai kompetisi antar lembaga zakat karena olah raga tersebut bisa dilakukan oleh semua orang. Terlebih lapangan futsal yang tidak terlalu luas bisa membuat setiap anggota semakin mempererat ikatan persaudaraan mereka.

Ke depan, Irsyad mengungkapkan, Turnamen Futsal Piala Bergilir Ketua Baznas direncanakan akan mencakup kawasan . Beberapa mitra Baznas dari sesame lembaga zakat di kawasan Asia Tenggara menyetujui dan mengharapkan Baznas menjadi penyelenggara kompetisi itu.

“Mitra-mitra kita dari Malaysia, Brunei dan beberapa negara lain sudah menyetujui untuk menggelar turnamen futsal tingkat Asia Tenggara. Untuk wartawan nanti akan kita bicarakan lagi bagaimana ke depannya,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.