Peryataan Bersama AS dan Sekutu Serukan Israel Patuhi Hukum Kemanusiaan

Gaza, MINA – Pemimpin Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Inggris dan Amerika Serikat (AS) mengeluarkan pernyataan bersama yang menggarisbawahi dukungan untuk Israel dan juga menyerukan agar otoritas pendudukan itu mengikuti hukum kemanusiaan internasional serta melindungi warga sipil.

Pernyataan itu disampaikan setelah Presiden AS Joe Biden melakukan panggilan telepon, Ahad (22/10) malam waktu setempat dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz dari Jerman, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni dari Italia dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Al Jazeera melaporkan.

Dalam pernyataannya, keenam negara tersebut ingin melihat solusi politik dan perdamaian abadi di kawasan Timur Tengah dan akan menggunakan upaya diplomasi, termasuk dengan mitra utama di kawasan untuk mencegah penyebaran konflik.

As dan sekutunya itu juga menyambut baik pembebasan dua sandera dan menyerukan pembebasan segera semua sandera yang tersisa. (T/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin