Pesan Erdogan di Hari Raya Idul Adha

“Kami akan terus mengecewakan mereka yang menggunakan banyak metode, dari serangan teroris hingga perangkap ekonomi, untuk menghentikan Turki di masa depan,” kata Erdogan dalam pesan video untuk memperingati hari raya umat Islam itu pada Sabtu (10/8).

Ia mengatakan, Turki mendapat kemajuan-kemajuan positif dibandingkan dengan agenda Idul Adha tahun lalu.

“Turki mendapatkan kekuatannya dari persatuan, solidaritas dan persaudaraan,” ujar dia.

Erdogan mengatakan, Turki telah mengalami banyak kemenangan pada Agustus sepanjang sejarahnya.

Dia merujuk pada Hari Kemenangan, kekalahan pasukan Yunani yang jatuh pada 30 Agustus 1922 dan operasi kontra-terorisme Turki Perisai Eufrat yang diluncurkan pada Agustus 2016 di Suriah.

“Saya berharap kita akan menambahkan lingkaran baru ke rantai kemenangan kita di bulan Agustus ini,” kata Erdogan.

Presiden juga menyatakan, harapannya agar Idul Adha dapat membawa kebaikan bagi bangsa Turki, Muslim di seluruh dunia dan kemanusiaan.

Sementara itu, Kemal Kilicdaroglu, pemimpin oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP), dalam pernyataan tertulis mengatakan bahwa Hari Raya Idul Adha adalah hari yang istimewa karena rasa persaudaraan diperkuat dan keinginan untuk hidup dalam damai diperbarui.

“Berkat Idul Adha, kita mengingat pentingnya pemahaman moral tentang tidak membeda-bedakan orang, berjuang tanpa kompromi untuk mengatasi kemiskinan, aturan dengan keadilan, dapat diandalkan dan toleran untuk semua orang,” kata Kilicdaroglu.

Pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli juga berbagi pesan Idul Adha dengan menyampaikan harapannya momen ini dapat memperkuat persatuan dan solidaritas rakyat Turki.

“Kita merasakan perasaan yang mendalam dan luar biasa untuk mencapai periode luar biasa di mana antusiasme Idul Adha dialami secara spiritual, hati dan moral,” kata Bahceli. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)