Timnas Sepakbola Turki Pajang Spanduk ‘Hello Brother’

Istanbul, MINA – Tim sepak bola nasional Turki pada Senin memajang spanduk bertuliskan “Hello Brother”, kata-kata terakhir yang diucapkan salah seorang korban serangan teror dua masjid di Selandia Baru awal bulan ini.

Spanduk dibeberkan di Eskisehir Stadium sebelum pertandingan melawan Moldova untuk babak kualifikasi UEFA EURO 2020, seperti dikutip MINA dari AA, Rabu (27/3).

Juga, dalam video yang diposting di Instagram, pesepakbola Turki Emre Belozoglu dan Ozan Kabak mengatakan: “#HelloBrother untuk dunia yang lebih baik.”

Setidaknya 50 Muslim terbunuh dan sejumlah lainnya terluka pada serangan teror Jumat (15/3) lalu ketika seorang teroris memasuki Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch kemudian menembak jamaah, termasuk empat anak di bawah umur 18 tahun.

Korban teror Haji Daoud Nabi, Warga Negara Afghanistan berusia 71 tahun, mengatakan “Hello Brother (Hai Saudara)” kepada pria bersenjata itu – yang membantai puluhan Muslim tak berdosa di Masjid Al-Noor – beberapa saat sebelum Daoud ditembak mati di pintu masuk masjid.

Kata-katanya beresonansi di media sosial dan ribuan unggahan dibagikan dengan tagar #HelloBrother.

Tersangka teror didakwa atas pembantaian dan dipenjara dengan keamanan maksimum di Auckland.

Babak kualifikasi untuk Piala Eropa atau UEFA EURO 2020 dimulai Kamis lalu.

Pemenang dan runner-up dari 10 grup akan secara otomatis lolos ke turnamen final UEFA EURO 2020.

Kualifikasi EURO 2020 akan menentukan 20 tim sementara empat lainnya akan lolos dari playoff Liga Bangsa-Bangsa UEFA pada Maret 2020.(T/RS3/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)