Peserta Membludak, Masjid Istiqlal Tutup Pendaftaran Pesantren Ramadhan 2016

Jakarta, 12 Ramadhan 1437/17 Juni 2016 (MINA) – Badan Pelaksana Pengelola () telah menutup pendaftaran peserta Ramadhan 2016 yang akan dilakukan di Masjid Istiqlal Jakarta.

Pasalnya, Akbar Zainuddin, Kepala Bidang Diklat BPPMI mengatakan bahwa peserta yang mendaftarkan diri membludak jauh dari yang awalnya peserta hanya diperkirakan mencapai 300 orang.

“Sampai hari ini masih ada yang datang (ke Masjid Istiqlal) mendaftar, tapi Pendaftaran sudah kami tutup,” ujarnya kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Jum’at (17/6).

Ia menambahkan, jumlah peserta dibatasi hanya berjumlah 1.000 orang karena kapasitas ruangan yang tidak mencukupi. Pesantren kilat akan dibagi menjadi tiga gelombang.

Alhamdulillah, sudah 1.000 peserta, kita bagi menjadi tiga gelombang, 300 gelombang pertama pada 24-25 Juni 2016, 350 gelombang 2 tanggal 25-26 Juni, 350 gelombang 3 pada 26-28 Juni,” jelasnya.

Zainuddin mengatakan tujuan diselenggarakannya pesantren kilat ini untuk mendekatkan para pemuda dan pemudi kepada masjid, melihat tantangan remaja sekarang itu kan semakin kompleks. Mereka dihadapkan dengan era informasi yang begitu masif.

“Mengenalkan remaja kepada masjid, khususnya Masjid Istiqlal, agar mereka terbiasa untuk dekat dengan masjid. Kita membiasakan shalat berjamaah lima waktu di masjid. Selain itu adalah pembinaan karakter dan pengembangan mental positif agar menjadi remaja yang shalih-shalihah, dan kreatif,” katanya.

“Internet telah mengubah banyak hal, dan tidak bisa dihindari karena menjadi keniscayaan. Yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir dampak negatifnya dengan cara apa? Menguatkan sensor pribadi mereka dengan iman dan karakter yang kuat. Kalau iman dan karakter mereka kuat, tantangan seberat apapun akan bisa mereka hadapi,” tambahnya. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.