PINTU-PINTU SURGA

foto pintu surga
ilustrasi. (nahr.com)

Oleh : Rendy Setiawan, Wartawan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency)

Allah Taโ€™ala telah menyiapkan balasan yang sangat agung bagi hamba-hamba-Nya yang beriman kepada-Nya dengan sebagai sebaik-baiknya tempat kembali yang penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan.

Surga tersebut memiliki pintu-pintu yang akan dimasuki oleh hamba-hamba Allah yang berhak menempatinya.

Allah Taโ€™ala berfirman dalam al-Qurโ€™an surat Az-Zumar ayat 73:

ูˆูŽุณููŠู‚ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ุงุชู‘ูŽู‚ูŽูˆู’ุง ุฑูŽุจู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุฒูู…ูŽุฑู‹ุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุกููˆู‡ูŽุงย ูˆูŽููุชูุญูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูู‡ูŽุงย ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฎูŽุฒูŽู†ูŽุชูู‡ูŽุง ุณูŽู„ูŽุงู…ูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุทูุจู’ุชูู…ู’ ููŽุงุฏู’ุฎูู„ููˆู‡ูŽุง ุฎูŽุงู„ูุฏููŠู†ูŽ

Artinya:โ€œDan orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka dibawa ke dalam Surga secara berombonggan. Sehingga apabila mereka sampai ke Surga dibukakanlah pintu-pintu itu dan dikatakanlah kepada mereka penjaga-penjaganya: โ€œKesejahteraan atas kalian. Berbahagialah kalian! maka masukilah Surga ini, sedang kalian kekal di dalamnya.โ€ย (Q.S. Az-Zumar [39]: 73)

Ayat yang mulia ini menunjukan bahwa Surga memiliki pintu-pintu yang akan dimasuki oleh hamba-hamba Allah penghuni Surga.

Imam al-Qurthubi Rahimahullah berkata, โ€œSekelompok ulama mengatakan bahwa huruf โ€œWawuโ€ pada ayat ini artinya delapan. Yakni bahwa Surga itu memiliki delapan pintu.โ€

Ibnu Katsirย Rahimahullah menguatkanย pendapat ini, bahwa landasan argumen Surga itu memiliki delapan pintu justru adalah dari hadits shahih, sekalipun huruf โ€œWawuโ€ dalam firman Allah (ูˆูŽููุชูุญูŽุชู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูู‡ูŽุง) dianggap oleh sebagian dengan (ูˆูŽุงูˆู ุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู) yaitu huruf wawu yang menunjukan jumlah delapan.

Di antara dalil shahih yang menetapkan bahwa Surga memiliki delapan pintu adalah riwayat dalam shahih al-Bukhari dan Muslim:

ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุซูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ูููŠู‡ูŽุง ุจูŽุงุจูŒ ูŠูุณูŽู…ู‘ูŽู‰ ุงู„ุฑู‘ูŽูŠู‘ูŽุงู†ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุฆูู…ููˆู†ูŽยป

Artinya: โ€œDi dalamSurgaย terdapatย delapanย pintu. Diantara pintu tersebut ada yang dinamakan pintuย al-Rayyanย yangย tidakย dimasukiย kecualiย oleh orang-orang yang berpuasaโ€ย (H.R. Bukhari)

Dan juga sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam,

ยซู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนููŠุณูŽู‰ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุฃูŽู…ูŽุชูู‡ู ูˆูŽูƒูŽู„ูู…ูŽุชูู‡ู ุฃูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽ ูˆูŽุฑููˆุญูŒ ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŒย ุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‰ู‘ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุดูŽุงุกูŽยป

Artinya: โ€œBarangsiapa yang bersaksi bahwa tidak ada yang berhak diibadahi selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Serta Isa adalah hamba Allah, anak salah satu hamba-Nya, kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam dan ruhnya berasal dari Allah. (Ia juga bersaksi) bahwa Surga adalah benar adanya, Neraka juga benar adanya; niscaya Allah akan memasukkannya ke surga dari delapan pintunya manapun yang ia kehendaki.โ€ย ย (H.R.ย Bukhari danย Muslim)

Dua hadits shahih ini menunjukan bahwa Surga memiliki delapan pintu masuk. Kategori pintu tersebut ditentukan dengan jenis amal shalih yang dikerjakan oleh seorang hamba sewaktu di dunia. Beberapa nama pintu tersebut dijelaskan dalam kitab hadits shahihain.

ยซู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ููŽู‚ูŽ ุฒูŽูˆู’ุฌูŽูŠู’ู†ู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู†ููˆุฏูู‰ูŽ ููู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูŠูŽุง ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‡ูŽุฐูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ. ููŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ุตู‘ูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ุตู‘ููŠูŽุงู…ู ุฏูุนูู‰ูŽ ู…ูู†ู’ ุจูŽุงุจู ุงู„ุฑู‘ูŽูŠู‘ูŽุงู†ู ยป. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุงู„ุตู‘ูุฏู‘ููŠู‚ู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏู ูŠูุฏู’ุนูŽู‰ ู…ูู†ู’ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ู…ูู†ู’ ุถูŽุฑููˆุฑูŽุฉู ููŽู‡ูŽู„ู’ ูŠูุฏู’ุนูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู…ูู†ู’ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ูƒูู„ู‘ูู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ยซ ู†ูŽุนูŽู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุฑู’ุฌููˆ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽูƒููˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ยป

Artinya: โ€œBarang siapa yang menginfakkan dua pasang hartanya di jalan Allah maka dia akan dipanggil di surga, โ€˜Wahai hamba Allah, ini adalah yang baik.โ€™ Barang siapa yang tergolong ahli shalat maka dia akan dipanggil dariย pintu shalat. Barangsiapa yang tergolong ahli jihad maka dia dipanggil dariย pintu jihad. Barangsiapa yang tergolong ahli , maka dia akan dipanggil dari pintuย al-Royyan. Barang siapa yang tergolong ahli sedekah, maka dia akan dipanggil dariย pintu sedekah.โ€

Abu Bakar Radhiallahuย anhuย berkata, โ€œBahaya apalagi yang perlu dikhawatirkan oleh orang yang dipanggil dari pintu-pintu tersebut. Apakah ada orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut?โ€ Maka Nabi menjawab, โ€œIya ada. Dan aku berharap kamu termasuk di dalamnya.โ€ย (HR.ย Al-Bukhariย dan Muslim)

Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan, hadits tersebut juga menjelaskan tentang siapa saja yang termasuk ahli sholat, maka ia akan dipanggil dari pintu sholat. Barang siapa yang termasuk ahli jihad, maka ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barangsiapa yang termasuk ahli sedekah, maka ia akan dipanggil dari pintu sedekah. Dan barang siapa yang termasuk ahli puasa, maka ia akan dipanggil dari pintuย Ar-Royyan.ย Pintuย Ar-Royyanย khusus untuk orang-orang yang berpuasa.

Kataย Ar-Royyanย artinya tidak dahaga. Karena orang-orang yang berpuasa merasa dahaga ketika melaksanakan ibadah puasa. Terutama pada musim panas ketika siang harinya lebih panjang daripada malam harinya. Sehingga mereka diberi balasan dengan melewati pintu khusus untuk orang-orang yang berpuasa, yaitu pintuย Ar-Royyan.

Dengan demikian, hadits shahih ini menyebutkan beberapa nama , yaitu: ุจุงุจ ุงู„ุตู„ุงุฉย yaitu pintu shalat bagi ahli shalat, ุจุงุจ ุงู„ุฌู‡ุงุฏย yaitu pintu jihad bagi ahli jihad, (ุจุงุจ ุงู„ุตูŠุงู… (ุงู„ุฑูŠุงู†ย pintu puasa yang disebut dengan pintu al-Royyan, ุจุงุจ ุงู„ุตุฏู‚ุฉย yaitu pintu sedekah bagi ahli sedekah.

Al-Qadhi Iyadhย Rahimahullahย menambahkan sisanya sehingga genap menjadi delapan, yaitu:ย pintu taubat,ย pintu orang-orang yang menahan amarah,pintu orang-orang yang ridha, danย pintu kananย yang dimasuki orang-orang yang masuk surga tanpa hisab.โ€

Ibn Hajar al-Asqalaniย Rahimahullahย menjelaskan tambahan pintu-pintu Surga selain empat pintu Surga dalam hadits yaitu: ุจุงุจ ุงู„ุญุฌย yaitu pintu haji karena itu termasuk rukun Islam, ุจุงุจ ุงู„ูƒุงุธู…ูŠู† ุงู„ุบูŠุธ ูˆุงู„ุนุงููŠู† ุนู† ุงู„ู†ุงุณย yaitu pintu orang-orang yang menahan amarah lagi memaafkan manusia, ุงู„ุจุงุจ ุงู„ุฃูŠู…ู†ย yaitu pintu kanan yang dimasuki orang-orang yang masuk surga tanpa hisab, ุจุงุจ ุงู„ุฐูƒุฑย atauย ุจุงุจ ุงู„ุนู„ู…ย yaitu pintu dzikir sebagai dalam riwayat al-Tirmidzi yang menunjukan hal itu, ada kemungkinan juga pintu ilmu.

Imam Tirmidzi mengatakan bahwa pintu Surga itu lebih dari delapan pintu, yakni sekitar 11 pintu tambahan, yaitu:ย pintu haji,ย pintu umrah, danย pintu silahturahim. Sedangkan beliau Imam Syamsudin al-Qurthubi sendiri lebih cenderung berpendapat ada 13 pintu, salah satunya adalah pintu untuk umat Rasulallah yang tersisa, yakni mereka yang tidak mempunyai amal tertentu yang menonjol, yang membuatnya dipanggil dengan amal tersebut dan maka mereka masuk berdesakan.

Ditinjau dari kekuatan dalil maka pendapat bahwa Surga memiliki depalan pintu jauh kebih kuat karena terdapat kitab shahih Bukhari dan shahih Muslim sedangkan beberapa hadits yang dijadikan argumen bahwa pintu surga sekitar 11 atau 13 pintu adalah lemah.

Berkaitan dengan penjelasan hadits dimasukannya ahli shalat, jihad, puasa dan sedekah melalui pintu-pintu khusus pintu amal tersebut, maksudnya adalah bahwa seseorang akan dipanggil melalui pintu itu berdasarkan dominasi amal tersebut yang dilakukan oleh seorang hamba.

Al-Nawawiย Rahimahullahย menjelaskan pendapat para ulama dalam kitab syarh shahih Muslim bahwa maknanya adalah bagi seseorang yang didominasi dengan amalnya dan ketaatan kepada Allah dengan amal tersebut.

Menurut Ibn Hajar al-Asqalani bahwa maksud amal yang menyebabkan seseorang akan dipanggil dari pintu amal itu adalah amal-amal tathawuโ€™ dari amal-amal yang telah disebutkan dalam hadits bukan amal-amal wajib karena jika amal wajib akan akan banyak yang bisa memasuki semua delapan pintu tersebut sedangkan dalam teks hadits menunjukan sedikitnya orang yang mampu menggabungkan semua amal sehingga dipanggil dari semua delapan pintu sebagaimana dalam hadits tersebut:

ููŽู‡ูŽู„ู’ ูŠูุฏู’ุนูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู…ูู†ู’ ุชูู„ู’ูƒูŽ ุงู„ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ูƒูู„ู‘ูู‡ูŽุง

Artinya:โ€œApakah ada orang yang dipanggil dari semua pintu tersebut?.โ€

Hadits Abu Hurairah perihal pintu-pintu Surga juga menunjukan keutamaan Abu Bakr al-Shidiqย Radhiallahu Anhuย yang diharapkan oleh Rasulallahย Shallallahu Alaihi Wasallamย akan memasuki delapan pintu tersebut yang dikehendaki.

Ibnu Hajar Al-Asqalaniย Rahimahullahย menjelaskan, โ€œPara ulama berkata bahwa pengharapan yang berasal dari Allah dan dari Nabi-Nya pasti akan terjadi,ย  oleh karena penetapan ini maka hadits tersebut dicantumkan pada bab keutamaan Abu Bakr.โ€

Selain Abu Bakr al-Shidiqย Radhiallahu Anhuย yang akan memasuki delapan pintu Surga mana saja yang dikehendaki, ada juga ummat Rasulallahย Shallallahu Alaihi Wasallamย yang bisa memasukinya, diantaranya adalah sebagaimana yang disebutkan dalam hadits-hadits berikut ini:

ยซู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนููŠุณูŽู‰ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงุจู’ู†ู ุฃูŽู…ูŽุชูู‡ู ูˆูŽูƒูŽู„ูู…ูŽุชูู‡ู ุฃูŽู„ู’ู‚ูŽุงู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽ ูˆูŽุฑููˆุญูŒ ู…ูู†ู’ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŒ ุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‰ู‘ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ุดูŽุงุกูŽ ยป

Artinya: โ€œBarangsiapa yang bersaksi bahwa tidak ada yang berhak diibadahi selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Serta Isa adalah hamba Allah, anak salah satu hamba-Nya, kalimat-Nya yang disampaikan kepada Maryam dan ruhnya berasal dari Allah. (Ia juga bersaksi) bahwa Surga adalah benar adanya, Neraka juga benar adanya; niscaya Allah akan memasukkannya ke surga dari delapan pintunya manapun yang ia kehendaki.โ€ย ย (HR.ย Bukhari danย Muslim)

Dalam riwayat Bukhari berbunyi,

ูˆูŽูููŠ ุตูŽุญููŠุญู ุฃูŽุจููŠ ุญูŽุงุชูู…ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: ยซ ุฅุฐูŽุง ุตูŽู„ู‘ูŽุชู’ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉู ุฎูŽู…ู’ุณูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุตูŽุงู…ูŽุชู’ ุดูŽู‡ู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุญูŽุตู‘ูŽู†ูŽุชู’ ููŽุฑู’ุฌูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุทูŽุงุนูŽุชู’ ุจูŽุนู’ู„ูŽู‡ูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุดูŽุงุกูŽุชู’ ยป

Artinya โ€œJika seorang wanita shalat lima waktu, berpuasa pada bulan ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya maka dia akan masuk Surga dari pintu-pintu mana saja yang dia kehendaki.โ€(H.R. Bukhari)

ุนูŽู†ู’ ุนูุชู’ุจูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุณู‘ูู„ูŽู…ููŠ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู: ยซ ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูŽู…ููˆู’ุชู ู„ูŽู‡ู ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ูˆูŽู„ูŽุฏู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุจู’ู„ูุบููˆุง ุงู’ู„ุญูู†ู’ุซูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุชูŽู„ูŽู‚ู‘ูŽูˆู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู’ู„ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุงู†ููŠู‘ูŽุฉู ู…ูู† ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ยป

Artinya: โ€œDari โ€˜Utbah ibn Abdullah al-Sulami bahwa ia berkata: Saya telah mendengar Rasulallahย shallallahu alaihi wasallambersabda, โ€œTidaklah seorang muslim ditinggal mati tiga orang anaknya yang belum baligh melainkan mereka akan menjemputnya di delapan pintu Surga, ia masuk melalui pintu manapun yang ia suka.โ€ย (H.R. Ibn Majah)

Hadits lain yang menjelaskan pahala bisa masuk ke semua delapan pintu surga adalah sabda Rasulallah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam:

ยซ ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุญูŽุฏู ูŠูŽุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃู ููŽูŠูุจู’ู„ูุบู โ€“ ุฃูŽูˆู’ ููŽูŠูุณู’ุจูุบู โ€“ ุงู„ู’ูˆูุถููˆุกูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ููุชูุญูŽุชู’ ู„ูŽู‡ู ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ุงู„ุซู‘ูŽู…ูŽุงู†ููŠูŽุฉู ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ ยป

Artinya:โ€œTidaklah ada seorangpun di antara kalian yang berwudhu, lalu ia sempurnakan wudhuโ€™nya kemudian mengucapkan:

ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู‹ุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู

Yaitu: aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagiNya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya, kecuali akan dibukakan baginya delapan pintu-pintu surga.โ€ย (HR.ย Muslim)

Orang Yang Pertama Masuk Syurga

Adapun yang pertama kali mengetuk atau membuka pintu Surga adalah Rasulallah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam, dan ini menunjukan keutamaan beliau atas seluruh ummat Manusia dari awal sampai akhir zaman.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

ยซ ุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽูƒู’ุซูŽุฑู ุงู„ุฃูŽู†ู’ุจููŠูŽุงุกู ุชูŽุจูŽุนู‹ุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽูˆู‘ูŽู„ู ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุนู ุจูŽุงุจูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ยป

Artinya: โ€œSaya adalah Nabi yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat nanti diantara para Nabi, dan aku adalah orang pertama yang mengetuk pintu surga.โ€ย (HR Muslim)

Dalam riwayat Imam Ahmad juga disebutkan,

ยซุขุชููŠ ุจูŽุงุจูŽ ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ููŽุฃูŽุณู’ุชูŽูู’ุชูุญูุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู’ุฎูŽุงุฒูู†ู: ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽู‚ููˆู„ู: ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ุจููƒูŽ ุฃูู…ูุฑู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ุฃูŽูู’ุชูŽุญูŽ ู„ูุฃูŽุญูŽุฏู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽูƒูŽยป

Artinya: โ€œAku akan mendatangi pintu surga di hari kiamat kelak, lalu aku minta agar dibukakan. Penjaga pintu bertanya: โ€˜Siapakah engkau?โ€™. Aku menjawab: โ€˜Aku adalah Muhammadโ€™. Ia berkata: โ€˜Hanya denganmu aku diperintahkan (agar) aku tidak membukanya untuk siapapun sebelummuโ€ย (HR. Ahmad)

Banyaknya pintu-pintu surga sesuai dengan amalan seorang hamba harusย  dijadikan sebagai motivasi bagi seseorang yang benar-benar mengharapkan Surga Allah melalui amal shalih yang sangat mungkin bisa dilakukan sewaktu di dunia. Berlomba-lomba mengerjakan berbagai amal kebaikan.

Bagi yang mengharapkan dimasukan ke semua pintu yang dikehendaki, maka hadits-hadits di atas cukup kiranya untuk dijadikan titik awal landasan iman mengerjakan amalan tersebut. (P011/P4)

www.mirajnews.com

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0