PM Malaysia Kunjungi Indonesia Pada 4-5 Februari

Foto: TRTWorld

Jakarta, MINA – Perdana Menteri Malaysia ke-8 Tan Sri Muhyiddin Yassin menurut rencana akan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 4-5 Februari 2021.

Agenda tersebut merupakan kunjungan ke luar negeri pertama Muhyiddin Yassin, setelah ia memegang jabatan sebagai Perdana Menteri Malaysia sejak Maret 2020.

Kunjungan itu akan semakin memperkokoh hubungan bilateral antara kedua negara bertetangga yang sangat dekat dan serumpun, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri RI yang di terima MINA, Rabu (3/2).

Sebelum kunjungan , Menteri Luar Negeri (Menlu) RI dan Menlu Malaysia akan melakukan pertemuan bilateral guna mempersiapkan kunjungan tersebut.

Malaysia adalah salah satu mitra penting Indonesia, baik dari sisi perdagangan, investasi, pariwisata, dan sosial budaya.

Malaysia merupakan mitra dagang kelima terbesar (USD 16,5 miliar USD tahun 2019) bagi Indonesia dan mitra investasi terbesar ke- 6 (USD 1,35 miliar tahun 2019).

Di tahun 2019, Malaysia juga tercatat sebagai negara asal wisatawan asing terbesar ke Indonesia yang mencapai sebanyak 2,98 juta orang pengunjung.

Beberapa isu bilateral yang akan diangkat oleh Pemerintah Indonesia dalam kunjungan ini diantaranya mencakup perlindungan pekerja migran Indonesia di Malaysia, kerja sama ekonomi dan perdagangan, perbatasan, pengaturan Travel Corridor Arrangement.

Kedua pemimpin menurut rencana juga akan membahas berbagai isu kawasan dan dunia termasuk dalam rangka memperkuat kerja sama dalam menangani isu kampanye negatif dan memajukan minyak sawit dalam pembangunan yang berkelanjutan. (R/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.