Polisi Swiss Tangkap Tersangka Serangan Wina

Ilustrasi: polisi Swiss. (Foto: Fabrice Coffrini/AFP)

Zurich, MINA – menangkap dua pria yang diduga sebagai bagian dari serangan teror di Wina, Austria.

Dua warga Swiss, berusia 18 dan 24 tahun, ditangkap di kota Winterthur sekitar 10 km dari Zurich, kata polisi dalam sebuah pernyataan, Selasa (3/11).

“Kedua pria itu ditangkap pada Selasa sore dalam koordinasi dengan pihak berwenang Austria,” kata polisi wilayah Zurich.

“Sejauh mana ada hubungan antara dua orang yang ditangkap dan tersangka pembunuh saat ini menjadi subjek klarifikasi dan investigasi yang sedang dilakukan oleh otoritas yang bertanggung jawab,” kata pernyataan itu.

Polisi wilayah Zurich, anggota Polisi Federal dan polisi kota di Winterthur terlibat dalam operasi penegakan hukum, katanya.

Tersangka diidentifikasi sebagai warga negara ganda Austria-Makedonia Utara berusia 20 tahun dengan keyakinan teror sebelumnya, karena mencoba bergabung dengan kelompok ISIS di Suriah.

Polisi menggeledah 18 properti serta apartemen tersangka, menahan 14 orang yang terkait dengan penyerang yang sedang diinterogasi, kata Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer.

Penyerang, yang diidentifikasi bernama Kujtim Fejzulai, dipersenjatai dengan rompi peledak palsu, senapan otomatis, pistol dan parang, menurut Nehammer.

Sebelum serangan itu, dia mengunggah foto di akun media sosial yang menunjukkan dia berpose dengan senapan dan parang, kata Nehammer.

Fejzulai pernah dijatuhi hukuman 22 bulan penjara pada April 2019 tetapi dibebaskan lebih awal pada Desember.

Menurut polisi di Makedonia Utara, negara yang terkurung daratan di Balkan Barat, sekitar 150 warga negaranya melakukan perjalanan untuk berperang di Irak dan Suriah, terutama antara tahun 2012 hingga 2016.

Sebagian besar berasal dari etnis minoritas Muslim Albania di Makedonia Utara, yang berjumlah sekitar seperempat dari 2,1 juta penduduk.

Sekitar setengahnya telah kembali, sementara banyak lainnya yang memiliki hubungan dengan ISIS telah dipenjara di penjara Makedonia Utara atau negara lain.

Kementerian Dalam Negeri Makedonia mengatakan, mereka telah diminta untuk memberikan informasi tentang tiga orang dengan kewarganegaraan Austria dan Makedonia, termasuk Fejzulai.

“Departemen kerja sama polisi internasional di Kementerian Dalam Negeri segera mulai bekerja sama dengan kolega dari Austria dan kami bekerja sama secara intensif pada semua elemen yang terkait dengan kasus ini,” kata kementerian itu dalam pernyataan tertulis. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.