Pos Indonesia Luncurkan Tiga Prangko Seri Malioboro

(Sumber: Pos Indonesia)

Jakarta, MINA – PT. (Persero) meluncurkan tiga macam seri pada Rabu (7/6). Diantaranya, Teras Malioboro, Ketandan Malioboro, dan Ngejaman Malioboro.

Manager Layanan dan Pemasaran Pos , Sri Emelda, dalam keterangan tertulisnya yang diterima MINA, menjelaskan, bercerita tentang Malioboro memiliki daya pikat tersendiri baik dalam aspek sosial-budaya.

“Secara simbolik, Malioboro berada dalam semesta ranah adat, ekonomi, dan politik. Namun, di luar itu, kehidupan Malioboro sejatinya mewakili sebentuk hibriditas kultural sebagaimana tecermin dari konteks teritori budaya Jawa dan Cina,” ujar Sri.

Menurutnya, kultur Jawa hadir dalam penempatan Malioboro sebagai sumbu imajiner yang mencerminkan nilai filosofis jati diri manusia. Adanya Kepatihan menggambarkan tata ruang Jawa yang menempatkan birokrat kerajaan di sekitar Keraton (Sunyoto Usman, 2006).

Sementara budaya Cina hadir lewat konsep pemukiman Pecinan. Keberadaan Pasar Beringharjo dan Pecinan yang agak jauh dari Keraton dibandingkan dengan alun-alun dan Masjid Kauman jelas menunjukan konsep tata ruang tradisional di mana Malioboro sebagai wilayah ekonomi dan urban pada masanya.

Baca Juga:  Sudah 92% Visa Jamaah Haji Reguler Indonesia Terbit

Di sisi lain, hadirnya Pecinan membawa konsekuensi konsep fungsi dan tata sosial yang agak unik bagi Malioboro. Eksistensinya tidak semata-mata sebagai ruang publik melainkan beririsan dengan ruang privat sebagaimana fungsi rumah-toko yang khas di kalangan orang Tionghoa.

Artinya, kita melihat transformasi dari rumah alias ruang dalam sebagai wilayah primer sebuah masyarakat ke dalam konteks sosial meluas—tata kelola bangunan ini bahkan menjangkau teritori sekunder yang ada di sekitar Malioboro.

Konsep-konsep ruang publik ala Eropa yang seakan-akan membuka wilayah-wilayah pertemuan baru dan kadangkala bertentangan antara kepentingan publik dan privat, seakan-akan tidak berlaku oleh adanya konsep pemukiman dan fungsi sosial-ekonomi yang selama ini terjadi di Malioboro. Perluasan konsep ruang privat-ruang publik ini sudah tentu juga berdampak pada pola-pola interaksi yang bertumbuh di Malioboro.

Baca Juga:  Pemerintah Evakuasi Sembilan Ribu Warga Terdampak Erupsi Gunungapi Ruang

Pada situasi yang berbeda, Malioboro juga mewakili sebuah kebudayaan yang spesifik, yaitu kultur Jawa tradisi yang rentan dengan pemaknaan pelestarian serba artifisial.

Keberadaannya yang merepresentasikan adat berikut nilai filosofisnya, sebentuk pengertian ruang privat dalam konteks identitas, berhadapan dengan kenyataan terbukanya Malioboro terhadap beragam pihak dan kepentingan.

Dengan begitu, Malioboro seperti selalu ada dalam tarik-menarik dan silang budaya yang khas, terkadang menimbulkan tegangan atas keniscayaan perubahan.

Teras Malioboro

Penanda dari sentralisasi ekonomi rakyat yang terdapat di kawasan Malioboro. Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2 wujud dari kerja kolektif pemerintah Kota Yogyakarta dan pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kurun waktu terakhir, sekaligus upaya komunal para pedagang dalam membangun industri ekonomi yang sehat serta terpusat.

Dengan demikian, upaya one stop shopping dapat terwujud bagi wisatawan.

Baca Juga:  Perkembangan Sistem Teknologi Berikan Peluang Berkreativitas

Ketandan Malioboro

Presentasi dari Malioboro sebagai ruang pluralis bagi semua entitas yang hidup di Yogyakarta.

Ketandan menjadi penanda etnis Tionghoa yang hidup harmonis di tengah masyarakat Jawa.

Dari prespektif sejarah, Ketandan merupakan toponimi masyarakat tandha pasar [pemungut pajak] bagi pedagang di Beringharjo pada masanya.

Ngejaman Malioboro

Dahulu tugu ini bernama stadsklok atau jam kota. Tugu Ngejaman menjadi ikon Malioboro lintas masa sekaligus presentasi dari sejarah yang terjadi sepanjang evolusi ruas jalan ini.

Tugu Ngejaman merupakan persembahan dari Pemerintah Kolonial Hindia Belanda yang kembali berkuasa setelah pemerintahan Inggris (1811-1816).

Malioboro dalam representasi sosial-ekonomi, seni, dan sejarah dalam satu bingkai. Aspek sosial-ekonomi ditunjukkan dengan interaksi antar pedagang dengan visual latar Pasar Beringharjo.

Sementara aspek seni dari Malioboro ditunjukkan dari visual anoman. Perihal ini ditinjau dari perubahan fungsi Malioboro yang semula jalan protokol menjadi laboratorium seni.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.