Jokowi Bawa Isu Kelapa Sawit ke KTT ASEAN-UNI EROPA

(Foto: Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden)

Manila, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat isu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-UNI EROPA di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Selasa (14/11).

Menurut Jokowi, sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA, isu kelapa sawit sangat dekat dengan upaya pengentasan kemiskinan, mempersempit gap pembangunan, serta pembangunan ekonomi yang inklusif.

Apalagi saat ini terdapat 17 juta orang Indonesia yang hidupnya, baik langsung maupun tidak langsung, terkait dengan kelapa sawit, di mana 42% lahan perkebunan kelapa sawit dimiliki oleh petani kecil.

Oleh karena itu, dalam pidatonya, Jokowi meminta agar diskriminasi terhadap kelapa sawit di Uni Eropa segera dihentikan. Sejumlah sikap dan kebijakan yang dianggap merugikan kepentingan ekonomi dan merusak citra negara produsen sawit juga harus dihilangkan.

“Resolusi Parlemen Uni Eropa dan sejumlah negara Eropa mengenai kelapa sawit dan deforestasi serta berbagai kampanye hitam, tidak saja merugikan kepentingan ekonomi, namun juga merusak citra negara produsen sawit,” ujar .

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa Indonesia paham pentingnya isu ‘sustainability’. Oleh karena itu, berbagai kebijakan terkait sustainability telah diambil, termasuk pemberlakuan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Pada kesempatan itu, pernyataan Jokowi tersebut mendapat dukungan penuh dari PM Malaysia. (R/R09/RE1)

Mi’raj News Agency (MINA)