Presiden Jokowi Resmikan Kantor FIFA di Jakarta

(Doc. PSSI)

Jakarta, MINA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kantor Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) di Jakarta yang terletak di Menara Mandiri II, Jln. Jenderal Sudirman pada Jumat (10/11).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kantor FIFA di Jakarta resmi saya buka,” kata Jokowi dalam sambutan.

Hadir pada saat peresmian tersebut Gianni Infantino dan Ketua Umum Erick Thohir. Hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Jokowi menyampaikan keputusan FIFA membangun kantor di Indonesia sebagai cabang di Asia membuka potensi pengembangan sepak bola Indonesia. Ia bertekad menggandeng badan sepak bola dunia untuk terus meningkatkan kualitas sepak bola nasional di mata dunia.

“Keputusan FIFA membangun Asia Hub membuktikan bahwa Indonesia punya potensi besar untuk memajukan sepak bola Indonesia di tingkat global,” katanya.

“Kami mendukung integritas dan kualitas sepak bola bersama FIFA dan membangun infrastruktur yang memadai serta mendidik bakat muda Indonesia dalam pertukaran pengetahuan dengan komunitas sepak bola dunia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kehadiran FIFA dengan menempatkan kantor di Jakarta dapat jadi momentum gelaran agenda yang lebih besar di masa depan.

“Ini adalah awal yang baik untuk event FIFA selanjutnya di Indonesia,” ucap Jokowi.

“Sekali lagi terima kasih kepada Presiden FIFA Gianni Infantino untuk kontribusi anda dan terima kasih atas kepercayaan anda atas penyelenggaraan Piala Dunia U-17,” ujar Jokowi.

Dalam acara peresmian Kantor FIFA di Jakarta ini, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PSSI dan FIFA. MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Presiden Gianni dan Erick Thohir.

Gianni menegaskan bahwa dengan adanya , pihaknya tidak hanya sekadar berkantor dan bekerja.

“Kami berkomitmen membuat kantor ini menjadi bersinar dan terus berdetak bagi setiap anak yang mencintai Sepakbola. Tentu Anda, Bapak Presiden, akan memperoleh hasil yang baik dalam sepakbola. Karena saya tahu Anda sangat ingin membawa negara ini menjuarai Piala Dunia, kan?” ujar Gianni.

Sementara itu, Erick Thohir menyampaikan, hal ini harus diapresiasi dengan komitmen semua. Mulai dari pengurus PSSI, pemain, pelatih, ofisial, serta seluruh masyarakat untuk bekerja keras dan bersama-sama memajukan sepakbola.

“Jika FIFA saja percaya sepakbola kita bisa maju, kita harus lebih yakin lagi,” ujarnya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)