Prof. Dr. Martin Roestamy : Kembangkan Kekuatan Ekonomi Umat

Jakarta, MINA – ,SH,.MH., Ketua Majelis Pertimbangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Al Ittihadiyah mengatakan, umat Islam perlu terus mengembangkan kekuatan ekonomi umat.

“Kita harus terus mencari peluang-peluang ekonomi untuk kemandirian umat.,” ujarnya saat menyampaikan Keynote Speech pada Pelantikan periode 2022-2027 di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Tidak harus langsung besar bisa dimulai dari yang kecil dan bisa dilakukan di rumah, ujar Prof Martin, yang pernah menjadi Ketua Umum DPP Al- Ittihadiyah periode 2011- 2016.

Ia mengatakan, tidak perlu uthopia, hayalan berlebihan hendak menggarap ratusan hektar lahan misalnya.

“Mendingan punya satu pot tapi dapat menghasilkan timun 10 kg, daripada ingin ratusan hektar tapi masih hayalan,” lanjut mantan Rektor Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor, Jawa Barat tersebut.

Ia juga mencontohkan, bagaimana umat secara bersama dapat mengembangkan toko rakyat Indonesia misalnya, kios-kios walaupun kecil, yang dikelola oleh rumah tangga-rumah tangga.

“Kita umat Islam dalam posisi yang tidak baik-baik saja dalam bidang ekonomi. Kita harus satukan langkah bagaimana mengembangkan sector ekonomi ini secara bersama, untuk dapat mensupport pendidikan, kaderisasi dan dakwah,” lanjutnya.

Ia mencontohkan bagaimana Pondok Pesantren Sunan Drajat mengembangkan ekonomi umat dengan Toserba produk-produk Pesantren dan alumni, yang menyediakan beragam kebutuhan warga, dengan harga terjangkau. (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.