Puncak Hakteknas 2019 Digelar di Bali

Jakarta, MINA – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menggelar rangkaian acara Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) tahun 2019 untuk terus menggelorakan inovasi agar bisa meningkatkan daya saing bangsa.

Peringatan Hakteknas pada 10 Agustus 2019 puncak kegiatannya berlangsung mulai 25-28 Agustus digelar di Kota Denpasar, Bali.

Hakteknas ke-24 mengambil tema “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif 4.0” dengan tagline “Inovasi, Bangun Bangsa.”

Peluncurkan Hakteknas 2019 dilakukan Menristekdikti Mohamad Nasir bersama Gubernur Bali I Wayan Koster di hadapan sekitar 50 ribu mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi Bali di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Bali pada 21 Februari 2019 lalu.

Menristekdikti menjelaskan bahwa ini kali ke tiga acara Peringatan Hakteknas diselenggarakan di luar pulau Jawa. Sebelumnya, acara Peringatan Hakteknas ke 22 dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan (2017), dan Hakteknas ke 23 Pekanbaru, Riau (2018).

Provinsi Bali dipilih karena memiliki potensi wisata, budaya, industri kreatif, entrepreneur, institusi pendidikan tinggi, peneliti dan inovator, serta berkelas internasional.

Hakteknas merupakan salah satu tonggak sejarah kebangkitan teknologi Indonesia yang ditandai penerbangan perdana pesawat rancang bangun anak bangsa, N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

“Peringatan Hakteknas hendaknya jangan bersifat elitis. Maknanya mesti diperluas hingga dirasakan rakyat kebanyakan. Perluasan makna menekankan kelangsungan dan daya saing produk lokal yang memberi proses nilai tambah yang berarti,” kata menteri.

Rangkaian Kegiatan Hakteknas-24

Rangkaian kegiatan Hakteknas di antaranya Bakti Inovasi, Gerak Jalan Sehat dan Lomba, Kegiatan Ilmiah, Talkshow Series (TV dan Radio), Welcome Dinner, Acara Puncak Malam Apresiasi, Anugerah Inovasi, Pameran Inovasi Anak Negeri (‘Eye Catching’) dan Research, Innovation and Technology Exhibition (Ritech Expo) tahun 2019.

Peringatan Hakteknas ke 24 juga akan diisi kegiatan ilmiah internasional  dalam bentuk temu ilmiah, seminar, workshop maupun simposium yang dihadiri oleh  negara-negara Asia, Eropa dan Afrika.

Sementara puncak peringatan Hakteknas ke-24 tahun 2019 akan dipusatkan di Lapangan Puputan-Margarana, Denpasar, Bali, Rabu (28/8). (L/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)